Profil Komunikasi Matematis Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Graf
Keywords:
komunikasi matematis, pemecahan masalah, gaya kognitifAbstract
Komunikasi matematis merupakan salah satu kompetensi pembelajaran literasi yang dibutuhkan oleh seorang mahasiswa dalam memecahkan suatu masalah. Namun masih sedikit dosen yang memperhatikan proses komunikasi matematis sehingga mahasiswa masih kesulitan dalam memahami suatu konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah graf berdasarkan gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan instrumen Matching Familiar Figure Test (MFFT), soal tes pemecahan masalah, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu diperoleh 2 mahasiswa semester 6 pada mata kuliah matematika diskrit dari salah satu prodi pendidikan matematika, kampus swasta di Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi matematis mahasiswa dengan gaya kognitif impulsif dan reflektif keduanya mampu mengungkapkan permasalahan situasi nyata ke dalam model matematika berupa simbol dan gambar. Namun mahasiswa dengan gaya kognitif reflektif mengalami kesulitan menuliskan ide matematika secara tertulis dan membutuhkan waktu lebih lama dalam membuat argumen dalam menyimpulkan dibandingkan mahasiswa impulsif. Dengan demikian komunikasi matematis mahasiswa secara lisan sangat perlu diperhatikan dalam menyelesaikan suatu masalah agar mahasiswa dapat menyelesaikan masalah dengan benar dan tepat.