Kajian Teori: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan Google Sites

Authors

  • Farda Azkiya Billah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi) Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Berpikir kritis matematis, Motivasi Belajar, Preprospec berbantu TIK, Google Sites

Abstract

Pentingnya pembelajaran matematika di sekolah pada jenjang sekolah dasar dan menengah telah dijelaskan pada Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional pasal 37. Dalam penguasaan matematika dapat didukung dengan salah satu kemamapuan yaitu kemampuan berpikir kritis matematis. Namun, berdasarkan survei baik dari TIMSS maupun PISA Indonesia menduduki peringkat yang cukup rendah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik di Indonesia dinilai kurang baik dibandingkan dengan negara-negara lain. Sementara itu, salah satu faktor yang dapat memengaruhi  kemampuan berpikir kritis adalah motivasi belajar. Motivasi belajar tersebut merupakan daya penggerak maupun pendorong peserta didik untuk belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Untuk mendukung dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, perlu menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan peserta didik dalam mengkonstruksi secara mandiri terkait konsep baru. Preprospec berbantuan Google Sites sebagai model pembelajaran matematika dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan yang terjadi. Penerapan model pembelajaran Preprospec berbantuan Google Sites yang berpusat pada peserta didik ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terkait dengan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Artikel ini bertujuan mengemukakakn ide penelitian guna menerapkan model pembelajaran Preprospec berbantuan Google Sites dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar peserta didik.

Downloads

Published

2025-10-27

Issue

Section

Articles