EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) BERBASIS PERUBAHAN IKLIM DALAM PENDIDIKAN IPS

Authors

  • Endah Septiani Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Education for Sustainable Development, Pendidikan IPS, Perubahan Iklim

Abstract

Perubahan iklim memberikan dampak besar bagi manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Tantangan dari perubahan iklim adalah keberlanjutan hidup yang perlu disikapi bersama. Pendidikan menjadi salah satu jalan sebagai upaya mengantisipasi perubahan iklim. Namun sistem pendidikan belum sepenuhnya memberikan kesadaran siswa dalam mengantisipasi perubahan iklim. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui arah implementasi Education for Sustainable Development (ESD) berbasis perubahan iklim dalam pendidikan IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan metode literature review jenis narrative literature review. Pendidikan memainkan perannya dalam perubahan iklim melalui 3 (tiga) dimensi utama, yaitu mitigasi, adaptasi dan pemahaman serta perhatian. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki tugas dalam menciptakan siswa yang peduli terhadap keberlanjutan. Semangat ini sejalan dengan visi baru pendidikan untuk memberdayakan semua usia untuk turut berkontribusi dalam menciptakan sebuah masa depan berkelanjutan yang dikenal dengan Education for Sustainable Development (ESD). Tak terkecuali dengan pendidikan IPS yang memiliki tradisi reflective inquiry. Tradisi yang melatih siswa untuk mengembangkan dan menggunakan keterampilan berpikir reflektif, yaitu berupa kemampuan berpikir kritis, berpikir induktif, pemecahan masalah, penelitian ilmiah, kajian nilai dan pengambilan keputusan secara rasional. Integrasi perubahan iklim dalam pendidikan IPS sejalan dengan tujuan Education for Sustainable Development (ESD) yang menekankan pada pemikiran global dengan aksi lokal (think globally act locally).

Downloads

Published

2024-02-02

Issue

Section

Articles