STRATEGI PENINGKATAN DAYA TARIK UNIVERSITAS PALANGKA RAYA DALAM PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Keywords:
Branding, Daya Tarik, Mahasiswa, Marketing, StrategiAbstract
Penelitian ini memiliki latar belakang yang substansial yaitu fenomena penurunan berkelanjutan sejumlah mahasiswa baru di Universitas Palangka Raya (UPR) selama periode tiga tahun terakhir. Penurunan ini menunjukkan bahwa reputasi dan citra program studi di UPR belum mencapai target yang telah ditetapkan. Hal tersebut menjadi perhatian utama dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor kritis yang mempengaruhi minat calon mahasiswa baru dalam memilih UPR yang mencakup delapan Standar Nasional Pendidikan, serta menganalisis persepsi mahasiswa UPR sebelum dan setelah menjadi mahasiswa terhadap mutu UPR. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif fenomenologis. Pendekatan ini mendukung peneliti untuk merinci pemahaman mendalam tentang pengalaman dan persepsi mahasiswa terkait permasalahan yang sedang diteliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kuesioner, wawancara serta analisis dokumen. Semua instrumen dirancang untuk mengumpulkan data yang relevan dengan tujuan penelitian. Temuan dalam penelitian ini diharapkan akan berperan sebagai panduan dalam mengembangkan strategi-strategi baru guna meningkatkan Daya Tarik UPR sebagai pilihan perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru khususnya di wilayah Kalimantan.