UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MUSEUM KERATON KASUNANAN SURAKARTA DI ERA MILENIAL

Authors

  • Rian Agus Mulyawan Universitas Sebelas Maret
  • Akhmad Arif Musadad Universitas Sebelas Maret
  • Musa Pelu Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Kesadaran Sejarah, Museum, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses penanaman kesadaran sejarah melalui pembelajaran Museum Keraton Kasunanan Surakarta dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesadaran sejarah siswa melalui pembelajaran Museum Keraton Kasunanan Surakarta. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Surakarta. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menganalisa data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman kesadaran sejarah melalui pembelajaran museum keraton Kasunanan Surakarta sudah sesuai dibuktikan dengan adanya pelaksanaan pembelajaran, evaluasi, dan kesadaran sejarah siswa yang ditunjukkan dengan pahamnya siswa ketika dilakukan wawancara tentang museum tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesadaran sejarah siswa berasal dari kompetensi yang dimiliki oleh guru sejarah, kegiatan pembelajaran yang berlangsung, serta lingkungan sekitar.

Downloads

Published

2024-02-02

Issue

Section

Articles