UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MUSEUM KERATON KASUNANAN SURAKARTA DI ERA MILENIAL
Keywords:
Kesadaran Sejarah, Museum, Pembelajaran SejarahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses penanaman kesadaran sejarah melalui pembelajaran Museum Keraton Kasunanan Surakarta dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesadaran sejarah siswa melalui pembelajaran Museum Keraton Kasunanan Surakarta. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Surakarta. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menganalisa data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman kesadaran sejarah melalui pembelajaran museum keraton Kasunanan Surakarta sudah sesuai dibuktikan dengan adanya pelaksanaan pembelajaran, evaluasi, dan kesadaran sejarah siswa yang ditunjukkan dengan pahamnya siswa ketika dilakukan wawancara tentang museum tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesadaran sejarah siswa berasal dari kompetensi yang dimiliki oleh guru sejarah, kegiatan pembelajaran yang berlangsung, serta lingkungan sekitar.