Meningkatkan Partisipasi Aktif melalui Metode Pembelajaran Kooperatif di Kelas Kurikulum dan Buku Teks Sejarah

Authors

  • Ganda Febri Kurniawan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Semarang
  • Muh. Sholeh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Partisipasi Aktif, Mahasiswa, Pembelajaran Sejarah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan keterlibatan mahasiswa dengan meningkatkan partisipasi aktif melalui metode pembelajaran kooperatif di kelas yang melibatkan penyesuaian kurikulum dan evaluasi buku teks. Dengan pendekatan tindakan kelas, penelitian ini melibatkan dua siklus perbaikan yang melibatkan observasi, wawancara, dan kuesioner untuk mengumpulkan data. Pada pra-siklus, partisipasi mahasiswa cenderung rendah, dengan respons terhadap materi dan persepsi terhadap pembelajaran kooperatif yang kurang positif. Melalui implementasi siklus 1, metode kooperatif berhasil meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa, serta respons positif terhadap materi dan pembelajaran kooperatif. Siklus 2 menunjukkan peningkatan yang berkelanjutan, memperkuat efektivitas metode kooperatif dan penyesuaian kurikulum. Evaluasi buku teks juga meningkat, mendukung keberhasilan metode pembelajaran. Sementara penelitian ini terbatas pada satu kelas, hasilnya memiliki implikasi penting untuk praktik pembelajaran, pengembangan kurikulum, dan evaluasi buku teks. Keterbatasan penelitian termasuk aspek kontekstual yang mungkin mempengaruhi generalisasi hasil. Hasilnya memberikan sumbangan bagi pengembangan pendekatan pembelajaran yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa, dengan menekankan pentingnya penerapan metode pembelajaran kooperatif, penyesuaian kurikulum, dan evaluasi buku teks dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang dan mendukung partisipasi aktif mahasiswa.

Downloads

Published

2024-02-20

Issue

Section

Articles