PENYELIDIKAN ILMIAH DENGAN PENUGASAN PROYEK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN DAN KEMAMPUAN MENELITI MAHASISWA

Authors

  • Susilawati Susilawati Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Haibah Wijayanti Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Edi Daenuri Anwar Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Keywords:

penyelidikan ilmiah; penugasan proyek, kemandirian belajar, kemampuan meneliti.

Abstract

Penyelidikan ilmiah melalui penugasan proyek sebagai kegiatan pembelajaran yang dipilih untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan meneliti mahasiswa. Penugasan proyek dalam penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari sejumlah mahasiswa yang terlibat dalam pembelajaran Fisika Dasar. Metode penelitian dan pengembangan yang terdiri dari tiga fase utama yaitu analisis, desain, dan evaluasi. Fase analisis melakukan tinjauan literatur dan studi lapangan dalam merencanakan penyelidikan ilmiah melalui penugasan proyek. Fase analisis melakukan identifikasi terhadap faktor kunci pengembangan kegiatan penyelidikan ilmiah, kemandirian dan kemampuan meneliti. Fase desain, membuat produk penelitian mulai dari desain sampai dengan menghasilkan hasil kinerja proyek dan implementasi kegiatan penyelidikan ilmiah. Fase evaluasi ditujukan pada asesmen efektivitas penyelidikan ilmiah melalui penugasan proyek, kemandirian dan kemampuan meneliti mahasiswa. Sampel penelitian diperoleh melalui convenience sampling dengan menentukan secara langsung kelompok eksperimen (n=20) dan kelompok kontrol (n=20) di salah satu universitas di Kota Semarang. Koleksi data dilakukan melalui angket kemandirian belajar dan observasi keterampilan meneliti. Temuan dari penelitian dan pengembangan ini memberikan kontribusi pada kemampuan bahwa penugasan proyek dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kemandirian dan kemampuan penelitian mahasiswa

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles