INOVASI PEMBELAJARAN: MODEL PEMBELAJARAN TWO PHASE LEARNING (TPL) UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PESERTA DIDIK DAN MEMBERIKAN JAMINAN TUJUAN PEMBELAJARAN TERCAPAI

Authors

  • Muhammad Yoggi Prastya Batulieu Universitas Negeri Semarang
  • Nailis Sa’adah Universitas Negeri Semarang
  • Nur Arifah Universitas Negeri Semarang

Keywords:

inovasi pembelajaran, model pembelajaran, Two Phase Learning.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan menuntut dunia pendidikan untuk terus berinovasi. Artikel ini membahas mengenai inovasi pembelajaran berupa model pembelajaran. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode pustaka yaitu berasal dari literatur dengan fakta yang terjadi di lapangan. Sumber data didapatkan dengan mengumpulkan sumber pustaka untuk mendapatkan informasi ataupun penjelasan yang bersifat teoritis. Teknik analisis data dalam artikel ini yaitu merangkum, menyajikan teori, dan memberikan kesimpulan. Inovasi pembelajaran dalam artikel ini adalah model pembelajaran Two Phase Learning (TPL), dimana model pembelajaran ini mendorong peserta didik dan guru untuk bersama-sama memeriksa kembali apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan rencana dan sudah mencapai tujuan pembelajaran atau belum. Model pembelajaran ini menggunakan umpan balik dari peserta didik sebagai bahan tindakan selanjutnya atau tahap selanjutnya.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles