ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA UJI COBA PENGEMBANGAN LECTORA INSPIRE BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN STEM

Authors

  • Imam Taufik Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Sarwi Sarwi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

media pembelajaran, android, STEM, lectora inspire, aktivitas belajar siswa.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa saat proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan stimulus agar siswa lebih termotivasi untuk belajar. Pengembangan lectora inspire berbasis android dengan pendekatan STEM menarik untuk dilakukan karena sesuai dengan intensitas penggunaan android yang meningkat. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbentuk aplikasi android. Tujuan dari pengembangan produk ini adalah untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan serta dampak penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan pada aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 6 di SMAN 7 Semarang, penentuan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan layak dan praktis untuk digunakan dengan persentase kelayakan materi 90,41%, persentase kelayakan media 90,83% dan persentase kepraktisan 83,4%. Hasil analisis aktivitas belajar siswa saat proses pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berdampak positif pada aktivitas belajar siswa dengan persentase 80,07%.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles