REFLEKSI TERHADAP EFEKTIFITAS MATA KULIAH COMPUTATIONAL THINKING PADA PROGRAM PPG PRAJABATAN

Authors

  • Tika Resti Pratiwi Universitas Negeri Semarang
  • Laras Andaru Palupi Universitas Negeri Semarang
  • Dessy Rovita Purwandari Universitas Negeri Semarang
  • Destya Restu Saputri Universitas Negeri Semarang
  • Isma Indah Pratiwi Universitas Negeri Semarang
  • Masturi Masturi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

computational thinking, calon guru, PPG Prajabatan, refleksi pembelajatan.

Abstract

Program PPG Prajabatan merupakan program yang diselenggarakan bagi lulusan sarjana maupun diploma IV, baik dari kependidikan maupun non kependidikan yang ingin memiliki kompetensi standar sebagai guru dengan mendapatkan sertifikat pendidik. Salah satu mata kuliah selektif di program PPG Prajabatan yang penting adalah Computational thinking (CT). Hal ini karena CT menjadi literasi dan bagian kurikulum merdeka. Guru diharapkan mampu mengimplementasikan CT ke dalam mata pelajaran yang diajarkan dengan harapan peserta didik terbiasa menghadapi permasalahan dan menyelesaikan persoalan dengan menggunakan CT. Studi ini bertujuan untuk merefleksikan proses dan hasil belajar mata kuliah CT pada Program PPG Prajabatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, dokumentasi dan kuesioner. Hasil dan pembahasan dipaparkan dari perencanaan, pelaksanaan, perbaikan, evaluasi dan pengembangan dari proses dan hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah CT dalam PPG Prajabatan Gelombang 2 sudah efektif. Hasil itu didukung dari hasil belajar mahasiswa mendapatkan skor rata-rata 88,18 yang menunjukkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memahami dan menerapkan konsep CT untuk menyelesaikan permasalahan yang kompleks. Selain itu, melalui mata kuliah mahasiswa juga memiliki kemampuan dan keterampilan menerapkan CT dalam mata pelajaran Fisika. Berdasarkan hasil kuesioner, sebagian besar mahasiswa menyatakan bahwa mata kuliah CT memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan pemahaman mereka tentang pendekatan CT. Hasil penelitian ini memiliki implikasi penting dalam konteks pengembangan lembaga pendidikan dan pengambil kebijakan dapat mengevaluasi sejauh mana tujuan pembelajaran mata kuliah ini tercapai sehingga akan membantu dalam perbaikan dan pengembangan program PPG di masa depan.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles