ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI KOGNITIF SISWA KELAS XI MENGGUNAKAN TWO-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA

Authors

  • Rosita Awalia Universitas Negeri Semarang
  • Suharto Linuwih Universitas Negeri Semarang

Keywords:

analisis, kompetensi, kognitif, instrumen, termodinamika.

Abstract

Tingkat multipresentasi siswa pada mata pelajaran fisika sangat rendah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut menandakan bahwa tidak tercapainya kompetensi kognitif pada mata pelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis profil pencapaian kompetensi kognitif fisika siswa kelas XI menggunakan Two-Tier Diagnostic Test pada materi Hukum Termodinamika. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis pencapaian kompetensi kognitif siswa adalah instrumen Two-Tier Diagnostic Test. Uji coba instrumen Two-Tier Diagnostic Test dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pati guna untuk menguji kelayakan instrumen yang akan digunakan untuk penelitian berdasarkan uji validitas, reliabilitas, daya beda butir soal, serta indeks kesukaran butir soal. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pati menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif dengan lima teknik pengumpulan data yaitu observasi, teknik wawancara, tes tertulis, angket, serta dokumentasi. Terdapat enam indikator kompetensi kognitif pada materi hukum termodinamika yang harus tercapai. Hasil analisis pencapaian kompetensi kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pati adalah 67,44%.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles