PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI TERMODINAMIKA
Keywords:
articulate storyline, media pembelajaran, pemahaman konsep.Abstract
Penggunaan media pembelajaran telah dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas media pembelajaran seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan siswa memiliki motivasi belajar yang sangat mempengaruhi pemahaman konsep. Media pembelajaran dalam bentuk website berbasis Articulate Storyline yang dikembangkan, diaplikasikan pada siswa kelas XI Fisika SMA N 1 Sragen. Dengan model pengembangan ADDIE, skor penilaian sebesar 94% oleh ahli media dan 91% oleh ahli materi, sehingga media pembelajaran berbasis Articulate Storyline terkonfirmasi valid dan sangat layak digunakan. Dari perhitungan hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh hasil 67,07% dengan kriteria sedang atau cukup efektif sementara pada kelas kontrol sebesar 38,70% dengan kriteria rendah atau tidak efektif, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa.