ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PHET SIMULATIONS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA NEGERI 1 UNGARAN

Authors

  • Lilik Nur Rahmawati Universitas Negeri Semarang
  • Fianti Fianti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

pemahaman konsep, media pembelajaran, PhET simulations.

Abstract

Pemahaman konsep pada materi fisika dianggap sulit bagi sebagian siswa. Kesulitan memahami konsep-konsep fisika menjadi tuntutan bagi guru untuk terus mengupayakan agar siswa dapat dengan mudah memahami konsep-konsep fisika yang rumit. Untuk memudahkan proses pemahaman konsep pada siswa, guru dapat memanfaatkan penggunaan media pembelajaran. PhET Simulations merupakan salah satu virtual lab berbasis simulasi yang dapat digunakan oleh siswa dalam mendukung pembelajaran fisika untuk membantu meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran PhET Simulations dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pemanasan global dan untuk melihat perbedaan hasil pemahaman konsep siswa pada materi pemanasan global antara yang menggunakan bantuan media PhET Simulations dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas X SMA Negeri 1 Ungaran dengan menggunakan desain penelitian quasi experimental non-equivalent control group design dengan sampel penelitian kelas X-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X-6 sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes pemahaman konsep berupa pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,61 dengan kriteria sedang, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,58 dengan kriteria sedang. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil uji N-Gain bahwa penggunaan media pembelajaran PhET Simulations pada siswa mampu meningkatkan pemahaman konsep pada materi pemanasan global dan menunjukan bahwa skor kelas yang menggunakan PHeT Simulations lebih tinggi dibandingkan dengan kelas konvensional.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles