PENERAPAN BAHAN AJAR GELOMBANG BUNYI BERBASIS AKM DENGAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA SMA

Authors

  • Sefrina Widi Ariyanti Universitas Negeri Semarang
  • Ani Rusilowati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

bahan ajar, asesmen kompetensi minimum, problem based learning, literasi, numerasi.

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa pada ranah literasi dan numerasi. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang disusun secara sistematis yang memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri. Problem Based Learning Model (PBL) merupakan model pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk terlibat dalam pemecahan masalah. Masalah yang disajikan dalam model PBL adalah permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatan indikator literasi dan numerasi siswa setelah diberikan bahan ajar Gelombang Bunyi berbasis AKM dengan model PBL. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes literasi dan numerasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain untuk mengukur peningkatan indikator-indikator literasi dan numerasi siswa setelah diberikan bahan ajar Gelombang Bunyi berbasis AKM dengan model PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator literasi yaitu kemampuan menemukan informasi (accsess and retrieve) mengalami peningkatan sebesar 1,25%, kemampuan menafsirkan dan mengintegrasikan informasi (interpret and integrate) mengalami peningkatan sebesar 20,5%, dan kemampuan mengevaluasi dan merefleksi (evaluate and reflect) mengalami peningkatan sebesar 13,9% setelah diberikan bahan ajar Gelombang Bunyi berbasis AKM dengan model PBL. Sementara itu, indikator numerasi yaitu kemampuan memahami (knowing) mengalami peningkatan sebesar 35,3%, kemampuan menerapkan (applying) mengalami peningkatan sebesar 38,3%, dan kemampuan menalar (reasoning) mengalami peningkatan sebesar 65,5% setelah diberikan bahan ajar Gelombang Bunyi berbasis AKM dengan model PBL.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles