PENGEMBANGAN LKS FISIKA MULTIREPRESENTASI BERBASIS STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

Authors

  • Winda Hastuti Widyaningrum Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Sarwi Sarwi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

LKS, multirepresentasi, STEM, keterampilan proses sains, pemahaman konsep.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan LKS bukan hasil pengembang guru yaitu LKS yang diperolah dari penerbit, sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Hal ini mengakibatkan rendahnya keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menghasilkan produk berupa LKS Fisika multirepresentasi berbasis STEM. Tujuan dari pengembangan produk ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran dan untuk menguji perbedaan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran fisika materi gelombang bunyi disertai LKS Fisika multirepresentasi berbasis STEM. Pemilihan materi gelombang bunyi karena memuat banyak gambar, persamaan matematis dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE. Pada tahap implementasi menggunakan posttest only control group design. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 7 Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil analisis menunjukkan keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran dengan rata-rata keseluruhan aspeknya sebesar 56,35% termasuk dalam kategori sedang dengan peningkatan N-Gain sebesar 0,37 dalam kategori sedang dan ada perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa materi gelombang bunyi disertai LKS Fisika multirepresentasi berbasis STEM.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles