UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN DEMONSTRASI ALAT PERAGA SEDERHANA DI KOMUNITAS BELAJAR ANAK

Authors

  • Izal Nur Widagdo Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Semarang
  • Harini Diyah Puryadi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Semarang
  • Isti Wulandari Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Semarang
  • Fauziyah Isnaeni Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Semarang
  • Supriyadi Supriyadi Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang

Keywords:

motivasi belajar, fisika, anak-anak.

Abstract

Motivasi belajar bagi anak-anak merupakan hal penting untuk melandasi proses berpikir kritis dan strategi dalam belajar sehingga anak-anak mendapatkan keberhasilan belajar sesuai dengan yang ingin dicapai. Komunitas belajar anak berlokasi di Kelurahan Tambakrejo, Semarang yang terdiri dari anak-anak dengan rentang usia 4-11 tahun. Kegiatan rutin anakanak komunitas yaitu belajar sambil bermain yang dilaksanakan setiap seminggu sekali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar fisika pada anak-anak melalui demonstrasi alat peraga sederhana yang ada di lingkungan sekitar seperti lilin, piring, balon, gelas, pewarna makanan, korek, dan sebagainya. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari anak-anak komunitas yang berjumlah 19 orang. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan pedoman observasi Pembelajaran dilakukan dengan mengajak anak-anak untuk mengamati secara langsung demonstrasi alat peraga sederhana yang menjelaskan konsep fisika. Konsep fisika yang dijelaskan diantaranya fotosintesis dan kapilaritas pada tumbuhan; suhu, kalor, dan tekanan udara; serta penyerapan dan perpindahan panas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak komunitas mengalami peningkatan motivasi belajar fisika yang meliputi rasa ingin tahu, kreatifitas, rasa simpati, memperbaiki kegagalan, merasa nyaman ketika menguasai materi, dan memberikan apresiasi sebagai hasil belajar yang telah dicapai. Melalui demonstrasi alat peraga sederhana yang menjelaskan konsep fisika dapat menjadi salah satu alternatif solusi untuk digunakan sebagai stimulus pembelajaran yang aman, nyaman, menyenangkan, dan mampu meningkatkan motivasi belajar fisika pada anak-anak.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles