REFLEKSI MATA KULIAH TEKNOLOGI BARU DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GOOGLE SITES PADA PENDIDIKAN PROFESI GURU

Authors

  • Isma Indah Pratiwi Universitas Negeri Semarang
  • Dessy Rovita Purwandari Universitas Negeri Semarang
  • Destya Restu Saputri Universitas Negeri Semarang
  • Laras Andaru Palupi Universitas Negeri Semarang
  • Tika Resti Pratiwi Universitas Negeri Semarang
  • Masturi Masturi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

refleksi, teknologi pembelajaran, google sites.

Abstract

Mata kuliah Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah yang penting dalam program pendidikan guru. Tujuan dari mata kuliah ini adalah membantu calon pendidik atau mahasiswa yang akan menjadi guru untuk memahami dan mengembangkan media digital untuk pembelajaran. Mata kuliah ini membahas mengenai pengembangan teknologi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan abad 21. Di dalam mata kuliah ini terdapat tugas pembuatan google sites sebagi salah satu media pendukung pembelajaran abad 21. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi perkuliahan dan analisis dokumen. Refleksi mata kuliah teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran bertujuan untuk memahami sejauh mana pembelajaran telah terjadi dan bagaimana pembelajaran tersebut dapat ditingkatkan. Refleksi mata kuliah teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran berfokus pada pengalaman diri dan analisis pengalaman selama belajar sehingga diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik yang dipelajari dan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Hasil penelitian juga memberikan wawasan mengenai persepsi mahasiswa atau calon guru terhadap mata kuliah, respons mereka terhadap pembelajaran, serta hambatan-hambatan yang mereka alami. Penelitian dan pengembangan lebih lanjut diperlukan untuk memperluas pemahaman tentang refleksi mata kuliah teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles