PROFILING PESERTA DIDIK SEBAGAI DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG

Authors

  • Dwi Hidayah Ningsih Universitas Negeri Semarang
  • Muhamad Anton Kuncoro Universitas Negeri Semarang
  • Lutfi Alifah Universitas Negeri Semarang
  • Sugeng Sriyanti SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang
  • Siti Wahyuni Universitas Negeri Semarang

Keywords:

karakteristik peserta didik, kebutuhan peserta didik, perencanaan pembelajaran, profiling.

Abstract

Karakter peserta didik dapat diartikan sebagai keseluruhan pola kelakuan atau kemampuan yang dimiliki peserta didik sebagai hasil dari pembawaan dan lingkungan sehingga berpengaruh juga pada karakter kelas secara keseluruhan. Karakteristik peserta didik di antaranya meliputi: etnik, kultural, status sosial, perkembangan kognitif, kemampuan awal, gaya belajar, motivasi, perkembangan emosi, perkembangan sosial, perkembangan moral, serta perkembangan motorik. Beragamnya latar belakang tersebut mengharuskan guru untuk mengetahui informasi dan memetakan karakter peserta didik agar dapat merencanakan pembelajaran yang sesuai. Salah satu cara mengetahui karakteristik peserta didik yaitu dengan melakukan tes diagnostik gaya belajar. Penelitian ini bertujuan melakukan profiling peserta didik dan merencanakan pembelajaran yang sesuai. Setelah dilakukan studi pustaka, pengambilan data dilaksanakan di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang menggunakan angket google form. Berdasarkan profiling yang telah dilakukan, telah dihasilkan rencana pembelajaran fisika sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles