REFLEKSI MATA KULIAH PEMAHAMAN TENTANG PESERTA DIDIK DAN PEMBELAJARANNYA PADA PROGRAM PPG PRAJABATAN PENDIDIKAN FISIKA

Authors

  • Dessy Rovita Purwandari Universitas Negeri Semarang
  • Destya Restu Saputri Universitas Negeri Semarang
  • Isma Indah Pratiwi Universitas Negeri Semarang
  • Laras Andaru Palupi Universitas Negeri Semarang
  • Tika Resti Pratiwi Universitas Negeri Semarang
  • Masturi Masturi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

refleksi, pemahaman peserta didik, pendidikan profesi guru.

Abstract

Mata kuliah Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya merupakan salah satu mata kuliah yang penting dalam program pendidikan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah membantu calon pendidik atau mahasiswa yang akan menjadi guru untuk memahami dan mengembangkan peserta didik secara holistik. Mata kuliah memperluas pemahaman calon pendidik atau mahasiswa terkait faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik, baik dari segi fisik, kognitif, sosial, maupun emosional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui analisis dokumen. Refleksi mata kuliah Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan dan peningkatan pengajaran. Hasil penelitian adalah pemahaman yang mendalam tentang perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi, serta perbaikan dan pengembangan yang dapat diambil untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran dalam mata kuliah tersebut. Refleksi mata kuliah Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Penelitian dan pengembangan lebih lanjut diperlukan untuk memperluas pemahaman tentang mata kuliah Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya serta untuk mengidentifikasi metode evaluasi yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan kualitas perkuliahan secara menyeluruh.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles