PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERPENDEKATAN STEM UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN ABAD 21 SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Suyanto Suyanto SMA Negeri 4 Semarang

Keywords:

kecakapan abad 21, STEM, pembealajaran fisika, project based learning.

Abstract

Pembelajaran abad 21, siswa diminta meningkatkan kompetensinta untuk meningkatkan kemampuan berkolaborasi, berpikir kritis, berkomunikasi dan berfikir kreatif. Guru harus mampu mengembangkan 4 (empat) keterampilan tersebut dari diri siswa agar dapat mengikuti perkembangan jaman. Salah satunya adalah mengembangkan kecakapan abad 21 siswa dengan model pembelajaajaran Project Based Learning berpendekatan STEM. Metode penelitian menggunakan metode quasi experiment dengan disain penelitian “One-Group Pretest-Posttest Design”. Didapatkan peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis dari skor 2,48 menjadi 2,78 (skala 1 -3), keterampilan kolaborasi dari 2,44 menjadi 2,75 , berfikir kreatif dari 2,3 menjadi 2,8 dan kemampuan berkomunikasi dari 2,34 menjadi 2,76. Model pembelajaran Project Based Learnig berpendekatan STEM mampu mengembangkan kecakapan abad 21 yang dimiliki siswa.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles