IMPLEMENTASI COMPUTATIONAL THINKING DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA X-1 SMAN 1 BRINGIN TA 2022/2023

Authors

  • Akrom Syahri Ghufron Universitas Negeri Semarang
  • Hartono Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Aisyah Suwaiya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Computational Thinking, Berpikir Kritis, Problem Based Learning.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kecakapan yang perlu dikembangkan. Karena berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki pada era sekarang, akan tetapi kenyataannya kemampuan ini belum sepenuhnya dikembangkan dengan baik.selain itu melalui berpikir kritis siswa akan memahami masalah secara detail sehingga diharapkan iswa akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah. Computational thinking menjadi slah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan objek penelitian siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Bringin TA 2022/2023 dengan jumlah 36 siswa dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan instrument berupa test diagnostic, tes kemampuan kognitif dan angket observasi. Berdasarkan data yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran PBL dengan pendekatan Computational Thinking dapat meningkakan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-1 SMAN 1 Bringin TA 2022/2022 dibuktikan tercapainya indicator keberhasilan yaitu sebanyak 75% siswa pada siklus kedua telah memenuhi indicator kemampuan berpikir kritis tyang telah ditentukan.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles