SISTEM AMONG DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Keywords:
sistem among, pembelajaran fisika, profil pelajar pancasila.Abstract
Profil Pelajar Pancasila merupakan tujuan yang akan dicapai melalui kebijakan Merdeka Belajar. Kebijakan Merdeka Belajar menjadi fokus rencana strategis Kemendikbud 2020-2024. Agar profil Pelajar Pancasila tersebut dapat ditumbuhkembangkan di antara peserta didik, salah satu yang dapat dilakukan yaitu melalui pembentukan karakter. Dengan demikian, diperlukan suatu mekanisme atau strategi untuk menumbuhkan dan menanamkan nilai-nilai karakter agar profil Pelajar Pancasila tersebut dapat terwujud. Dalam konteks pendidikan, lebih khusus lagi dalam konteks pembelajaran, upaya internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter agar peserta didik memiliki profil Pelajar Pancasila, salah satunya dilakukan melalui pemilihan sistem among sebagai pola pendampingan (pengasuhan) pamong terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran. Enam elemen profil Pelajar Pancasila diantaranya: (1) berkebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Keenam elemen tersebut dilihat sebagai satu kesatuan yang saling mendukung dan berkesinambungan satu sama lain. Sistem Among yaitu suatu sistem pendidikan yang berjiwa kekeluargaan dan bersendikan kodrat alam dan kemerdekaan. Sistem among (asuh) dilakukan dengan cara pengasuhan (sikap laku among) antara lain: membimbing dengan keteladanan (ing ngarsa sung tuladha); membina dengan membangun kemauan untuk aktif, kreatif, inovatif, dan produktif (ing madya mangun karsa); serta mendorong dengan memerdekakan kreativitas serta memberi kekuatan atau semangat dalam menghadapi permasalahan (tutwuri handayani).