PENINGKATAN REGULASI DIRI MELALUI PRAKTIK SOCIAL EMOTIONAL LEARNING BERBASIS JURNAL REFLEKTIF PADA PEMBELAJARAN IPAS

Authors

  • Nurul Lailatis Sa`'adah Universitas Negeri Semarang
  • Sulhadi Sulhadi Universitas Negeri Semarang
  • Esthi Kusumastuti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Social Emotional Learning, Regulasi Diri, Jurnal Reflektif.

Abstract

Tujuan setiap upaya pendidikan adalah memanusiakan manusia agar menjadi manusia sejati, serta memiliki kehidupan yang bermakna, bagi orang lain dan dirinya sendiri. Jika pendidikan gagal dalam mengembangkan kecerdasan sosial-emosional akan menyebabkan ketidakmampuan untuk meregulasi diri dalam mengembangkan emosi positif dan empati. Pendidikan seharusnya meliputi pengembangan individual dan universal, termasuk di dalamnya pengembangan kemampuan reflektif, kapasitas spiritualitas dan moral individual. Pemilihan Jurnal Refleksi sebagai latihan dan intervensi khusus untuk memasukkan SEL ke dalam kelas X Teknik Otomotif (TO) 3 di SMK Islam Jepara disebabkan oleh hasil presensi peserta didik yang mengikuti pembelajaran sebesar ≤ 50%. Selain itu, saat pembelajaran berlangsung sikap antusiasme dan semangat belajar belum terlihat. V isi dari SMK Islam Jepara adalah pembentukan karakter yang berakhlakul karimah. Semangat inilah yang diangkat dalam mengintegrasikan Jurnal Reflektif ke dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi antara metode kuantitatif dan kualitatif (mix methods). Setelah diterapkan praktik SEL, terjadi peningkatan kehadiran peserta didik menjadi ≥ 50%. Begitu juga dengan hasil tugas dan projek, dimana peserta didik yang konsisten hadir dalam pembelajaran berkomitmen mengerjakan tugas dan projek secara tuntas. Skor akhir yang diperoleh dari instrumen regulasi diri dan motivasi belajar peserta didik menunjukkan hasil yang cukup tinggi. Artinya, ada pengaruh hubungan yang positif antara praktik SEL berbasis Jurnal Reflektif terhadap regulasi diri peserta didik. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahw a menggabungkan praktik Social Emotional Learning dengan menggunakan Jurnal Reflektif dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengatur diri, meningkatkan pemahaman diri, dan mencapai perkembangkan yang positif dalam berbagai aspek kehidupan.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles