PENERAPAN PENDEKATAN STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN BANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA
Keywords:
Pembelajaran fisika, STEM, media flashcard, keterampilan komunikasi.Abstract
Saat ini dunia memasuki era perkembangan abad 21 yang ditandai dengan adanya pemanfaatan dan pengembangan teknologi dalam berbagai bidang. Ciri yang menonjol dalam perkembangan ini yaitu semakin bertautnya ilmu pengetahuan dan pendidikan, sehingga sinergi di antara keduanya menjadi semakin cepat. Pelaksanaan pembelajaran terintegrasi STEM perlu didukung dengan model pembelajaran yang sesuai agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan STEM yaitu Discovery Learning, dengan menekankan pada pembelajaran memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat peningkatan keterampilan komunikasi siswa melalui penerapan pembelajaran fisika dengan pendekatan STEM dan berbantuan media flash card. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experiment dengan desain penelitian berupa Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Demak yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, homogenitas, hipotesis, n-gain, dan analisis lembar observasi menggunakan bantuan program SPSS 21 dan microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran fisika dengan pendekatan STEM dan berbantuan media flash card dapat meningkatan kemampuan komunikasi siswa pada kelas eksperimen. Keduanya berdasarkan hasil uji n-gain berada dalam kategori tinggi.