Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional Sumpil Kabupaten Kendal Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika
Keywords:
Aritmetika sosial, Etnomatematika, SumpilAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi konsep-konsep aritmatika sosial yang terkait dengan makanan tradisional sumpil. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pendekatan etnografi adalah pendekatan berdasarkan pengalaman serta teori yang bertujuan untuk memberikan penjelasan dan analisis mendalam terkait budaya berdasarkan penelitian lapangan (fieldwork) yang serius. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data melibatkan observasi, dokumentasi, studi literatur, dan wawancara dengan pedagang makanan tradisional sumpil di pasar tradisional yang terletak di Kaliwungu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep-konsep aritmatika sosial yang terkait dengan makanan tradisional sumpil. Ada enam konsep aritmatika sosial yang ditemukan, yaitu untung, rugi, diskon, bruto, netto, dan tara. Konsep-konsep aritmatika sosial ini dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik karena sumber belajar berasal dari lingkungan mereka. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang berbasis pada budaya makanan tradisional sumpil.