IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA MATERI GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Keywords:
engklek, etnomatematika, geometri, kemampuan berpikir kreatif.Abstract
Ethnomatematika berfungsi sebagai pendekatan pendidikan yang mengaitkan budaya asli komunitas lokal dengan studi matematika, sehingga memainkan peran signifikan dalam pendidikan kontemporer. Tujuan utama dari penyelidikan ini adalah untuk memastikan penerapan praktis etnomatematika dengan menggabungkan permainan gasing tradisional ke dalam ranah pendidikan geometri, berfokus pada peningkatan kapasitas berpikir kreatif siswa. Dengan menerapkan Kajian Literatur Sistematis (Systematic Literature Review - SLR) sebagai metodologi penelitian mereka, para sarjana menjalani proses komprehensif yang melibatkan telaah, pemeriksaan, evaluasi, dan interpretasi sejumlah studi yang relevan mengenai integrasi gasing dalam instruksi geometri. Temuan yang diperoleh dari pendekatan Systematic Literature Review (SLR) menekankan adanya korelasi antara permainan gasing dan komponen matematika tertentu, khususnya bentuk geometri datar. Studi ini menganjurkan perlunya penyelidikan komprehensif lebih lanjut, dengan menyelami lebih dalam dalam eksplorasi etnomatematika dalam permainan gasing tradisional. Dengan demikian, eksplorasi konsep matematika melalui permainan tradisional ini berpotensi menjadi sumber berharga untuk mengungkap prinsip-prinsip matematika, yang pada gilirannya memfasilitasi integrasi mereka ke dalam praktik pendidikan.Ethnomatematika berfungsi sebagai pendekatan pendidikan yang mengaitkan budaya asli komunitas lokal dengan studi matematika, sehingga memainkan peran signifikan dalam pendidikan kontemporer. Tujuan utama dari penyelidikan ini adalah untuk memastikan penerapan praktis etnomatematika dengan menggabungkan permainan gasing tradisional ke dalam ranah pendidikan geometri, berfokus pada peningkatan kapasitas berpikir kreatif siswa. Dengan menerapkan Kajian Literatur Sistematis (Systematic Literature Review - SLR) sebagai metodologi penelitian mereka, para sarjana menjalani proses komprehensif yang melibatkan telaah, pemeriksaan, evaluasi, dan interpretasi sejumlah studi yang relevan mengenai integrasi gasing dalam instruksi geometri. Temuan yang diperoleh dari pendekatan Systematic Literature Review (SLR) menekankan adanya korelasi antara permainan gasing dan komponen matematika tertentu, khususnya bentuk geometri datar. Studi ini menganjurkan perlunya penyelidikan komprehensif lebih lanjut, dengan menyelami lebih dalam dalam eksplorasi etnomatematika dalam permainan gasing tradisional. Dengan demikian, eksplorasi konsep matematika melalui permainan tradisional ini berpotensi menjadi sumber berharga untuk mengungkap prinsip-prinsip matematika, yang pada gilirannya memfasilitasi integrasi mereka ke dalam praktik pendidikan.Ethnomatematika berfungsi sebagai pendekatan pendidikan yang mengaitkan budaya asli komunitas lokal dengan studi matematika, sehingga memainkan peran signifikan dalam pendidikan kontemporer. Tujuan utama dari penyelidikan ini adalah untuk memastikan penerapan praktis etnomatematika dengan menggabungkan permainan gasing tradisional ke dalam ranah pendidikan geometri, berfokus pada peningkatan kapasitas berpikir kreatif siswa. Dengan menerapkan Kajian Literatur Sistematis (Systematic Literature Review - SLR) sebagai metodologi penelitian mereka, para sarjana menjalani proses komprehensif yang melibatkan telaah, pemeriksaan, evaluasi, dan interpretasi sejumlah studi yang relevan mengenai integrasi gasing dalam instruksi geometri. Temuan yang diperoleh dari pendekatan Systematic Literature Review (SLR) menekankan adanya korelasi antara permainan gasing dan komponen matematika tertentu, khususnya bentuk geometri datar. Studi ini menganjurkan perlunya penyelidikan komprehensif lebih lanjut, dengan menyelami lebih dalam dalam eksplorasi etnomatematika dalam permainan gasing tradisional. Dengan demikian, eksplorasi konsep matematika melalui permainan tradisional ini berpotensi menjadi sumber berharga untuk mengungkap prinsip-prinsip matematika, yang pada gilirannya memfasilitasi integrasi mereka ke dalam praktik pendidikan.Ethnomatematika berfungsi sebagai pendekatan pendidikan yang mengaitkan budaya asli komunitas lokal dengan studi matematika, sehingga memainkan peran signifikan dalam pendidikan kontemporer. Tujuan utama dari penyelidikan ini adalah untuk memastikan penerapan praktis etnomatematika dengan menggabungkan permainan gasing tradisional ke dalam ranah pendidikan geometri, berfokus pada peningkatan kapasitas berpikir kreatif siswa. Dengan menerapkan Kajian Literatur Sistematis (Systematic Literature Review - SLR) sebagai metodologi penelitian mereka, para sarjana menjalani proses komprehensif yang melibatkan telaah, pemeriksaan, evaluasi, dan interpretasi sejumlah studi yang relevan mengenai integrasi gasing dalam instruksi geometri. Temuan yang diperoleh dari pendekatan Systematic Literature Review (SLR) menekankan adanya korelasi antara permainan gasing dan komponen matematika tertentu, khususnya bentuk geometri datar. Studi ini menganjurkan perlunya penyelidikan komprehensif lebih lanjut, dengan menyelami lebih dalam dalam eksplorasi etnomatematika dalam permainan gasing tradisional. Dengan demikian, eksplorasi konsep matematika melalui permainan tradisional ini berpotensi menjadi sumber berharga untuk mengungkap prinsip-prinsip matematika, yang pada gilirannya memfasilitasi integrasi mereka ke dalam praktik pendidikan.