Eksplorasi Etnomatematika Materi Bangun Ruang pada Masjid Agung Kauman Semarang

Authors

  • Irma Meika Wati Universitas Negeri Semarang
  • Lintang Rizqy Septiani Universitas Negeri Semarang
  • Nur Khayatun Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Bangun ruang, Eksplorasi, Etnomatematika, Masjid Agung Kauman Semarang

Abstract

Etnomatematika atau penggunaan matematika dalam konteks budaya dapat berperan penting dalam pembelajaran matematika. Integrasi etnomatematika ke dalam pembelajaran matematika dapat memberikan perspektif baru bagi peserta didik dalam memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan objek-objek matematika yang berkaitan materi bangun ruang pada arsitektur Masjid Agung Kauman Semarang serta pemanfaatannya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, analisis data, dan pemaparan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa arsitektur Masjid Agung Kauman Semarang memiliki etnomatematika yang berkaitan dengan konsep-konsep matematika diantaranya konsep geometri bangun ruang seperti kubus, balok, prisma segi lima, limas segi empat, dan tabung. Konsep-konsep matematika tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran untuk memperkenalkan dan memahami konsep luas permukaan dan volume bangun ruang melalui budaya lokal. Adapun saran dari penelitian ini adalah perlunya penelitian lanjutan yang lebih mendalam tentang penggunaan konsep matematika dalam geometri bangun ruang pada arsitektur masjid dan seni bangunan tradisional lainnya sehingga dapat membantu peserta didik untuk memahami konsep matematika dengan cara yang lebih menarik dan bermakna secara budaya.

Downloads

Published

2025-02-24

Issue

Section

Articles