Studi Literatur: Buku Ajar PjBL-STEAM Berbantuan MathCityMap dan GeogebraKebudayaan Jawa terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Keywords:
Geogebra, MathCityMap, Kemampuan Berpikir Kritis, PjBL-STEAM.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah deskripsi implementasi buku ajar PjBL-STEAM berbantuan aplikasi MathCityMap dan Geogebra pada kebudayaan Jawa dan mengkaji dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan teknik analisis kualitatif studi literatur. Berdasarkan penjelasan diatas buku ajar ini dikembangkan dengan aplikasi STEAM dengan memasukkan etnomatematika pada kebudayaan Jawa melalui integrasi MathCityMap dan Geogebra pada setiap projek dan soal-soal uji kompetensi, pada beberapa projek juga disediakan dengan barcode pada konten geogebra. Harapannya dengan integrasi hal ini akan membantu proses peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dapat dilihat melalui penerapan projek, soal evaluasi, dan sintaks model yang diterapkan didalamnya, hal ini sejalan dengan penjelasan yang menyatakan bahwa pembelajaran matematika melalui pengembangan buku ajar ini mengarahkan siswa untuk menyelesaikan masalah dalam dunia nyata dan meningkatkan kreatifitas, inovasi, dan kekritisan dalam berpikir. Maka, peneliti juga menyimpulkan bahwa buku ajar yang dikembangkan juga terintegrasi dengan model project based learning-STEAM sebagai upaya mendukung komponen inovasi dalam proses peningkatan kemampuan kritis siswa.