TELAAH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT! TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Authors

  • Nurhayati Dwi Kusumaningrum Universitas Negeri Semarang
  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kahoot!; Kemampuan Komunikasi Matematis; Problem Based Learning (PBL).

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah yang ditandai dengan kesulitan siswa dalam menafsirkan istilah, gambar, tabel, rumus, dan simbol matematika dalam permasalahan nyata, serta kurangnya keberanian siswa dalam mengungkapkan ide matematis. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan aplikasi Kahoot! terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur yang bersumber dari jurnal, buku ataupun artikel nasional dan internasional. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah tersusunnya langkah-langkah pembelajaran pada model PBL berbantuan aplikasi Kahoot! terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Model PBL mengorientasikan siswa pada permasalahan nyata yang kemudian dihubungkan ke dalam model matematika. Penggunaan aplikasi Kahoot! dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran matematika dan menciptakan suasana pembelajaran interaktif. Siswa akan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, menyusun konsep dari pemahaman yang dimilki, bertukar pikiran dengan teman, dan tersusunnya rencana penyelesaian yang strategis, serta berani untuk mengemukakan pendapatnya. Penerapan model PBL berbantuan aplikasi Kahoot! menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran matematika, sehingga diperlukan adanya penelitian lebih lanjut untuk mengimplementasikannya dengan memperhatikan indikator dari kemampuan komunikasi matematis siswa.

Downloads

Published

2025-02-24

Issue

Section

Articles