Telaah Buku Ajar dengan Model PjBL-STEM Berbantuan Google Sites Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Maya Agustina Universitas Negeri Semarang
  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang
  • S.B Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Buku ajar, Google Sites, Kemampuan Berpikir Kritis, Project Based Learning, STEM.

Abstract

Pendidikan diperlukan untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat berpikir kritis sehingga dapat menjawab berbagai masalah saat ini karena cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemampuan berpikir kritis adalah bagian dasar dari potensi matematika yang penting dipelajari untuk mengembangkan mentalitas dan bermanfaat dalam konteks global. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji penggunaan buku ajar dengan model project based learning terintegrasi STEM berbantuan google sites terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggabungkan beberapa penelitian terdahulu yang relevan dengan fokus bahasan, yang kemudian dikompilasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai telaah buku ajar model project based learning terintegrasi STEM. Penggunaan buku ajar dengan model project based learning terintegrasi STEM berbantuan google sites merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penggunaan model project based learning dan pengintegrasian STEM pada buku ajar efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penggunaan google sites juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis karena memudahkan siswa dalam belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa menjadi lebih fokus. Diperlukan implementasi di sekolah terkait buku ajar dengan model project based learning terintegrasi STEM berbantuan google sites terhadap kemampuan berpikir kritis.

Downloads

Published

2025-02-24

Issue

Section

Articles