Telaah Buku Ajar Dengan Model Problem Based Learning Terintegrasi STEM Berbantuan Liveworksheet Terhadap Literasi Matematis

Authors

  • Nikmah Khoirunnisa Universitas Negeri Semarang
  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang
  • Stevanus Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Buku Ajar, Literasi Matematis, Liveworksheet, Problem Based Learning, STEM

Abstract

Kemampuan seseorang untuk bernalar secara matematis dan merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan untuk memecahkan masalah dalam berbagai situasi dunia nyata dikenal sebagai literasi matematis. Studi literatur ini bertujuan untuk mengeksplorasi tentang buku ajar dengan model Problem Based Learning terintegrasi STEM berbantuan liveworksheet terhadap literasi matematis. Metode penelitian studi literatur digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data digunakan untuk mengumpulkan sejumlah data atau sumber yang terkait dengan subjek penelitian, yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah. Selanjutnya, hasil dan pembahasan penelitian diperiksa sebelum sampai pada kesimpulan. Model problem based learning berpusat pada siswa dan mendorong mereka untuk berkolaborasi dalam kelompok diintegrasikan dengan pendekatan STEM memberikan pengalaman siswa mengenai permasalahan kontekstual yang mendukung peningkatan literasi matematis siswa. Penggunaan media liveworksheet dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika. Pengembangan buku ajar dengan model model problem based learning terintegrasi STEM berbantuan liveworksheet berpengaruh terhadap literasi matematis siswa.

Downloads

Published

2025-02-24

Issue

Section

Articles