Telaah Buku Ajar Berbasis Challenge Based Learning Terintegrasi Liveworksheet terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

Authors

  • Annisa Rani Ayu Salsabila Universitas Negeri Semarang
  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Challenge Based Learning (CBL); Kemampuan Berpikir Kreatif; Liveworksheet

Abstract

Buku ajar Challenge Based Learning (CBL) terintegrasi liveworksheet merupakan pengintegrasian liveworksheet pada model Challenge Based Learning (CBL) didalam buku ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah model pembelajaran Challenge Based Learning terintegrasi liveworksheet terhadap kemampuan berpikir kreatif pada buku ajar. Adapun metode penelitian yang digunakan metode studi literatur berupa artikel ilmiah, buku-buku, laporan penelitian dan sumber lain yang signifikan serta teknik analisis data yang digunakan yaitu mengorganisasikan, menyintesis, dan mengidentifikasi untuk menemukan inovasi pada pembelajaran matematika yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Model Challenge Based Learning siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Integrasi liveworksheet akan meningkatkan hasil belajar, partisipasi dan pemahaman siswa, serta memunculkan kreativitas siswa. Oleh karena itu, inovasi model Challenge Based Learning terintegrasi liveworksheet dapat memberikan dampak yang positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Lebih lanjut, dapat dilakukan penelitian terkait implementasi buku ajar berbasis Challenge Based Learning (CBL) yang terintegrasi liveworksheet terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2025-02-24

Issue

Section

Articles