TELAAH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN E-BOOK BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Authors

  • Tri Indah Febiyani Universitas Negeri Semarang
  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang

Keywords:

E-book, Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Based Learning

Abstract

Bagian abstrak berisi maksimal 200 kata berisi tentang: tujuan; metode; hasil; dan simpulan. Abstrak dalam artikel Anda berfungsi untuk menjelaskan secara singkat isi artikel Anda. Abstrak dimaksudkan untuk menjadi penjelasan dari artikel anda. Jangan gunakan singkatan pada abstrak. Cara mudah untuk menulis abstrak adalah mengutip poin yang paling penting di setiap bagian artikel anda. Kemudian gunakan deskripsi singkat dari hasil penelitian atau kajian Anda. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah model Project Based Learning (PjBL) terintegrasi etnomatematika berbantuan e-book terhadap kreatif matematis siswa. Penelitian ini mengaplikasikan metode studi literatur berupa artikel ilmiah, buku-buku, laporan penelitian dan sumber lain yang signifikan serta teknik analisis data yang digunakan yaitu mengorganisasikan, mensintesis, dan mengidentifikasi. Dengan model PjBL terintegrasi etnomatematika berbantuan e-book menjadi salah satu alternatif siswa yang dapat menyelesaikan masalah terkait masalah nyata bernuansa etnomatematika dan siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian dengan model PjBL bernuansa etnomatematika berbantuan e-book akan menjadi solusi yang kreatif dan inovasi terhadap kemampuan berpikir kreatif. Pembelajaran dengan melalui objek-objek kearifan lokal di lingkungan sekitar serta siswa akan diberikan proyek permasalahan berkaitan etnomatematika dengan menambah pengetahuan dan keterampilan pembelajaran matematika. Lebih lanjut, dikembangkan proses pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) dengan media pembelajaran yang terintegrasi etnomatematika terhadap kemampuan kreatif siswa.

Downloads

Published

2025-02-24

Issue

Section

Articles