Literature Study: Creative Thinking Skills Viewed from Students HoM in PjBL Model with STEM Approach
Keywords:
Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Based Learning, Habits of Mind, STEMAbstract
Artikel ini membahas tentang hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan habits of mind siswa dan model pembelajaran project-based learning dengan pendekatan STEM yang merupakan hasil studi literatur dari beberapa artikel terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana habits of mind berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa didukung dengan model project-based learning dengan pendekatan STEM. Dari pengumpulan data beberapa referensi yang diterbitkan antara tahun 2014-2022, hasil studi menunjukkan apabila terdapat hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kreatif dengan habits of mind siswa dan model pembelajaran project based learning dengan pendekatan STEM. Habits of mind atau kebiasaan berpikir yang kerap digunakan siswa dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mereka, sementara model pembelajaran project-based learning memfasilitasi siswa untuk mengembangkam kemampuan berpikir kreatif mereka melalui pengalaman belajar yang interaktif dan juga berpusat pada siswa, dengan menerapkan konsep STEM dalam kehidupan sehari-hari.