System Literature Review: IMPROVING PROBLEM SOLVING ABILITY AND STUDENTS' MATHEMATICAL DISPOSITION IN THE IMPLEMENTATION OF PBL LEARNING MODELS SUPPORTED MATH TRAILS

Authors

  • Zalsabila Yanuariska Putri Universitas Negeri Semarang

Keywords:

disposisi matematis, Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah, math trails

Abstract

Matematika merupakan bidang studi yang sangat berperan penting di era sekarang ini. Namun banyak dari siswa menganggap matematika merupakan pembelajaran yang sangat sulit. Ada banyak cara untuk menangani kasus tersebut, diantaranya dengan mengkombinasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang disertai dengan aktivitas luar kelas. Aktivitas luar kelas ini dapat dilaksanakan dengan berbantuan Math Trails pada Aplikasi Math City Map sebagai media pembelajaran matematika. Pembelajaran dengan berbantu Math Trails ini dapat melatih dan meningkatkan aspek kognitif pada siswa, yaitu kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah menjadi hal yang utama dalam pembelajaran matematika yang perlu ditingkatkan. Guna untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dapat dilakukan dengan aktivitas berbantuan Math Trails. Berbantuan Math Trails siswa dapat mengubah cara pandang siswa terhadap pembelajaran matematika. Suatu sikap individu terhadap cara pandang atas matematika, yang akan menampilkan perilaku rasa ingin tahu, tekun, percaya diri dan berminat terhadap matematika yang disebut dengan disposisi matematis siswa. Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam implementasi model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Math Trails. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode System Literature Review (SLR) pada artikel ataupun jurnal terbitan tahun 2015-2023 tentang pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil menunjukkan bahwa disposisi matematis siswa dalam implementasi model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa dan memiliki kecenderungan untuk menguji pada kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan Math Trails efektif dilakukan dan relevan untuk dilakukan penelitian selanjutnya.

Downloads

Published

2025-02-24

Issue

Section

Articles