https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/issue/feedProsiding Seminar Nasional Mahasiswa Matematika Unnes2025-03-01T16:00:46+07:00Open Journal Systemshttps://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4246Studi Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Suku Baduy dalam Materi Bangun Ruang Sisi Datar2025-02-24T14:23:42+07:00Theressa Yolanda Angelina Hutagalung[email protected]Rizki Hanantri Ramadhan[email protected]Egi Nugraha[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]<p>Banyak peserta didik menganggap matematika adalah ilmu yang rumit, karena dianggap tak bermakna dan terbebas dari unsur budaya. Indonesia memiliki banyak budaya dan tradisi, salah satunya adalah rumah adat suku Baduy. Dengan rumah adat suku Baduy kita dapat mengaitkan hubungan antara matematika dan budaya. Sehingga pengetahuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam pendekatan pembelajaran matematika yang disebut etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan eksplorasi etnomatematika pada arsitektur rumah adat suku Baduy sehingga mempermudah peserta didik dalam menguasai konsep matematika. Data dalam penelitian ini didapat menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), lalu dianalisis menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menganalisis berbagai artikel dengan topik yang sama. Berdasarkan eksplorasi tersebut didapat hasil bahwa arsitektur rumah adat suku Baduy pada bagian atap, badan rumah, leuit, tiang penyokong bangunan mengandung konsep matematika yaitu bangun ruang sisi datar seperti kubus, balok, dan prisma. Sehingga jelas konsep luas permukaan dan volume pada bangun ruang sisi datar dapat diterapkan dari arsitektur rumah adat suku Baduy. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, arsitektur rumah adat Baduy dapat dikembangkan menjadi bahan ajar yang inovatif, sehingga mempermudah peserta didik dalam menguasai konsep matematika.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4247Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional Sumpil Kabupaten Kendal Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika2025-02-24T14:42:15+07:00Indhika Hanafiatul Aisyah[email protected]Mentari Sekarwati[email protected]Hani Rosyidah Hadiningsih[email protected]<p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi konsep-konsep aritmatika sosial yang terkait dengan makanan tradisional sumpil. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pendekatan etnografi adalah pendekatan berdasarkan pengalaman serta teori yang bertujuan untuk memberikan penjelasan dan analisis mendalam terkait budaya berdasarkan penelitian lapangan (fieldwork) yang serius. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data melibatkan observasi, dokumentasi, studi literatur, dan wawancara dengan pedagang makanan tradisional sumpil di pasar tradisional yang terletak di Kaliwungu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep-konsep aritmatika sosial yang terkait dengan makanan tradisional sumpil. Ada enam konsep aritmatika sosial yang ditemukan, yaitu untung, rugi, diskon, bruto, netto, dan tara. Konsep-konsep aritmatika sosial ini dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik karena sumber belajar berasal dari lingkungan mereka. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang berbasis pada budaya makanan tradisional sumpil.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4248Telaah Buku Ajar Elektronik Etnomatematika dengan Model PBL dan Pendekatan RME terhadap Kemampuan Berpikir Kritis2025-02-24T14:48:47+07:00Dewi Setyowati[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]<p>Artikel ini bertujuan untuk menelaah suatu inovasi pembelajaran matematika yaitu buku ajar elektronik etnomatematika dengan model Problem Based Learning dan pendekatan Realistic Matematics Education. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga tahap, yaitu organize, synthesize, dan identify. Teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan dan menganalisis dari artikel-artikel yang relevan dengan judul penelitian. Sumber data yang digunakan berupa data sekunder. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari peneliti lain yang sudah ada. Pembelajaran matematika menggunakan permasalahan yang dekat dengan aktivitas sehari-hari siswa akan menjadikan pembelajaran lebih bermakna serta konsep matematika dapat dipahami lebih baik. Ditemukan kesamaan antara pembelajaran dengan etnomatematika, PBL, dan RME yaitu menggunakan permasalahan kontekstual Beberapa temuan mengungkapkan bahwa penerapan buku ajar elektronik, etnomatematika, model Problem Based Learning (PBL) dan pendekatan Realistic Matematics Education (RME) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Secara keseluruhan apabila dikembangkan inovasi berupa buku ajar elektronik bernuansa etnomatematika dengan model Problem Based Learning dan pendekatan Realistic Matematics Education diharapkan dapat meningkatkan dan memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4249EKSPLORASI SERABI KALIBELUK DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG BOLA2025-02-24T14:53:14+07:00Husna Ainun Najwa[email protected]Yuyun Nailatul Fitri[email protected]<p>Pendidikan melibatkan proses mentransfer nilai-nilai budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya, di mana budaya tersebut mengalami perubahan baik dengan cara yang serupa maupun berbeda. Budaya ini digunakan sebagai alat untuk memahami kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan etnomatematika dalam pemahaman konsep luas permukaan dan volume bangun ruang bola pada makanan tradisional serabi kalibeluk. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep luas permukaan dan volume bangun ruang bola dapat ditemukan dalam makanan tradisional serabi kalibeluk. Bentuk serabi kalibeluk yang menyerupai bangun ruang bola dapat membantu siswa dalam memperoleh pemahaman mengenai konsep luas permukaan dan volume bangun ruang bola. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar penggunaan etnomatematika dalam konteks makanan tradisional serabi kalibeluk dapat diperluas untuk dalam memperoleh pemahaman mengenai konsep volume dan luas permukaan bangun ruang bola.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4250Studi Literatur: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Math Trails dengan PBL2025-02-24T14:59:39+07:00Putri Handayani[email protected]Adi Satrio Ardiansyah S.Pd., M.Pd[email protected]<p>Matematika berperan penting dalam berbagai aspek/bidang kehidupan manusia. Pada tahun 2018, PISA mengadakan penilaian terhadap 79 negara di bawah OECD. Pada kategori kemampuan matematika Indonesia berada pada peringkat ke 73 dari 79 negara. Salah satu faktor penyebab sulitnya siswa mempelajari matematika,yaitu: adanya batasan pikiran saat pembelajaran karena siswa hanya diajarkan materi materi yang tertulis pada buku panduan, tidak dituntun untuk memahami proses konsep-konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis math trails dan menggunakan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan sumber yang relevan dengan kemampuan berfikir kreatif matematis dalam pembelajaran berbasis masalah menggunakan mobile math trails. Teknik analisis data dalam penelitian meliputi 3 tahapan: organize, synthesize, identify. Math Trails merupakan pendekatan pembelajaran dengan menjelajahi lingkungan sekitar dan memecahkan masalah, mereka dapat belajar matematika dengan cara yang lebih bermakna dan mudah diingat. Siswa dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis, berfikir kreatif dan berkolaborasi. Saat menyelesaikan permasalah matematika, siswa menginterpretasikan hasil matematika dalam beberapa cara dan memvalidasinya menggunakan objek nyata untuk menentukan jawabannya. Selain itu, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis math trails dengan problem based learning terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4251IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA MATERI GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA2025-02-24T15:05:03+07:00Berlian Disi Prasetya[email protected]Muhammad Anwar[email protected]Rahmawati Kusuma Wardani[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]<p>Ethnomatematika berfungsi sebagai pendekatan pendidikan yang mengaitkan budaya asli komunitas lokal dengan studi matematika, sehingga memainkan peran signifikan dalam pendidikan kontemporer. Tujuan utama dari penyelidikan ini adalah untuk memastikan penerapan praktis etnomatematika dengan menggabungkan permainan gasing tradisional ke dalam ranah pendidikan geometri, berfokus pada peningkatan kapasitas berpikir kreatif siswa. Dengan menerapkan Kajian Literatur Sistematis (Systematic Literature Review - SLR) sebagai metodologi penelitian mereka, para sarjana menjalani proses komprehensif yang melibatkan telaah, pemeriksaan, evaluasi, dan interpretasi sejumlah studi yang relevan mengenai integrasi gasing dalam instruksi geometri. Temuan yang diperoleh dari pendekatan Systematic Literature Review (SLR) menekankan adanya korelasi antara permainan gasing dan komponen matematika tertentu, khususnya bentuk geometri datar. Studi ini menganjurkan perlunya penyelidikan komprehensif lebih lanjut, dengan menyelami lebih dalam dalam eksplorasi etnomatematika dalam permainan gasing tradisional. Dengan demikian, eksplorasi konsep matematika melalui permainan tradisional ini berpotensi menjadi sumber berharga untuk mengungkap prinsip-prinsip matematika, yang pada gilirannya memfasilitasi integrasi mereka ke dalam praktik pendidikan.Ethnomatematika berfungsi sebagai pendekatan pendidikan yang mengaitkan budaya asli komunitas lokal dengan studi matematika, sehingga memainkan peran signifikan dalam pendidikan kontemporer. Tujuan utama dari penyelidikan ini adalah untuk memastikan penerapan praktis etnomatematika dengan menggabungkan permainan gasing tradisional ke dalam ranah pendidikan geometri, berfokus pada peningkatan kapasitas berpikir kreatif siswa. Dengan menerapkan Kajian Literatur Sistematis (Systematic Literature Review - SLR) sebagai metodologi penelitian mereka, para sarjana menjalani proses komprehensif yang melibatkan telaah, pemeriksaan, evaluasi, dan interpretasi sejumlah studi yang relevan mengenai integrasi gasing dalam instruksi geometri. Temuan yang diperoleh dari pendekatan Systematic Literature Review (SLR) menekankan adanya korelasi antara permainan gasing dan komponen matematika tertentu, khususnya bentuk geometri datar. Studi ini menganjurkan perlunya penyelidikan komprehensif lebih lanjut, dengan menyelami lebih dalam dalam eksplorasi etnomatematika dalam permainan gasing tradisional. Dengan demikian, eksplorasi konsep matematika melalui permainan tradisional ini berpotensi menjadi sumber berharga untuk mengungkap prinsip-prinsip matematika, yang pada gilirannya memfasilitasi integrasi mereka ke dalam praktik pendidikan.Ethnomatematika berfungsi sebagai pendekatan pendidikan yang mengaitkan budaya asli komunitas lokal dengan studi matematika, sehingga memainkan peran signifikan dalam pendidikan kontemporer. Tujuan utama dari penyelidikan ini adalah untuk memastikan penerapan praktis etnomatematika dengan menggabungkan permainan gasing tradisional ke dalam ranah pendidikan geometri, berfokus pada peningkatan kapasitas berpikir kreatif siswa. Dengan menerapkan Kajian Literatur Sistematis (Systematic Literature Review - SLR) sebagai metodologi penelitian mereka, para sarjana menjalani proses komprehensif yang melibatkan telaah, pemeriksaan, evaluasi, dan interpretasi sejumlah studi yang relevan mengenai integrasi gasing dalam instruksi geometri. Temuan yang diperoleh dari pendekatan Systematic Literature Review (SLR) menekankan adanya korelasi antara permainan gasing dan komponen matematika tertentu, khususnya bentuk geometri datar. Studi ini menganjurkan perlunya penyelidikan komprehensif lebih lanjut, dengan menyelami lebih dalam dalam eksplorasi etnomatematika dalam permainan gasing tradisional. Dengan demikian, eksplorasi konsep matematika melalui permainan tradisional ini berpotensi menjadi sumber berharga untuk mengungkap prinsip-prinsip matematika, yang pada gilirannya memfasilitasi integrasi mereka ke dalam praktik pendidikan.Ethnomatematika berfungsi sebagai pendekatan pendidikan yang mengaitkan budaya asli komunitas lokal dengan studi matematika, sehingga memainkan peran signifikan dalam pendidikan kontemporer. Tujuan utama dari penyelidikan ini adalah untuk memastikan penerapan praktis etnomatematika dengan menggabungkan permainan gasing tradisional ke dalam ranah pendidikan geometri, berfokus pada peningkatan kapasitas berpikir kreatif siswa. Dengan menerapkan Kajian Literatur Sistematis (Systematic Literature Review - SLR) sebagai metodologi penelitian mereka, para sarjana menjalani proses komprehensif yang melibatkan telaah, pemeriksaan, evaluasi, dan interpretasi sejumlah studi yang relevan mengenai integrasi gasing dalam instruksi geometri. Temuan yang diperoleh dari pendekatan Systematic Literature Review (SLR) menekankan adanya korelasi antara permainan gasing dan komponen matematika tertentu, khususnya bentuk geometri datar. Studi ini menganjurkan perlunya penyelidikan komprehensif lebih lanjut, dengan menyelami lebih dalam dalam eksplorasi etnomatematika dalam permainan gasing tradisional. Dengan demikian, eksplorasi konsep matematika melalui permainan tradisional ini berpotensi menjadi sumber berharga untuk mengungkap prinsip-prinsip matematika, yang pada gilirannya memfasilitasi integrasi mereka ke dalam praktik pendidikan.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4252Telaah Problem Based Learning Berpendekatan Saintifik Berbantuan Microsoft Excel Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis2025-02-24T15:12:18+07:00Lilis Nur Arifah[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]<p>Perbaikan kualitas pembelajaran dengan menindaklanjuti kondisi rendahnya berpikir kritis siswa perlu dilakukan. Problem Based Learning berpendekatan saintifik berbantuan Microsoft Excel merupakan inovasi pembelajaran matematika yang dapat diterapkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah Problem Based Learning berpendekatan saintifik berbantuan Microsoft Excel terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan studi literatur melalui teknik pengumpulan data kepustakaan dari data sekunder menggunakan kata kunci sesuai topik penelitian. Teknik analisis data melalui tiga tahap aktivitas, yakni organize, synthesize, dan identify. Hasil penelitian ini diperoleh langkah Problem Based Learning berpendekatan saintifik berbantuan Microsoft Excel. Problem Based Learning-Saintifik memiliki pengaruh positif dalam pembelajaran dan Microsoft Excel dengan fitur-fiturnya dapat mendukung dan menarik minat siswa, khususnya materi statistika, untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Saran yang dapat dilakukan bagi guru dan peneliti lain adalah mengembangkan media ajar dan mengimplementasikan Problem Based Learning berpendekatan saintifik berbantuan Microsoft Excel.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4253Profile of Mathematical Understanding of Junior High School Students in View of Self-Efficacy2025-02-24T15:16:43+07:00Maria Adelisa Manbait[email protected]Maria Gracia Manoe Gawa[email protected]Irmina Veronika Uskono[email protected]Agapitus Hendrikus Kaluge[email protected]<p>The objective of this study is to depict the comprehension of mathematics among junior high school students in the context of self-efficacy. The research employs a qualitative descriptive approach. The research participants consist of two students from Class VII at SMP IL Captain Fatuba'a, with one student having a high level of self-efficacy and the other student having a low level of selfefficacy. Data collection encompasses the use of self-efficacy questionnaires, problem-solving assignments, interviews, and data triangulation. The data analysis process involves employing techniques such as data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The indicators used to assess the understanding of mathematics in this study comprise the ability to restate concepts, utilize specific procedures or operations, and apply concepts or algorithms in problem-solving. The findings reveal that subjects with high self-efficacy successfully fulfilled all these indicators, while subjects with low self-efficacy only managed to fulfill the first indicator of restating the concept. Consequently, it can be inferred that subjects with high self-efficacy are capable of fulfilling all the indicators, whereas subjects with low self-efficacy are limited to fulfilling only one indicator. As a result, it is crucial for teachers to take into account students' mathematical understanding abilities when conducting classroom instruction.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4255Eksplorasi Etnomatematika Materi Bangun Ruang pada Masjid Agung Kauman Semarang2025-02-24T15:31:11+07:00Irma Meika Wati[email protected]Lintang Rizqy Septiani[email protected]Nur Khayatun[email protected]<p>Etnomatematika atau penggunaan matematika dalam konteks budaya dapat berperan penting dalam pembelajaran matematika. Integrasi etnomatematika ke dalam pembelajaran matematika dapat memberikan perspektif baru bagi peserta didik dalam memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan objek-objek matematika yang berkaitan materi bangun ruang pada arsitektur Masjid Agung Kauman Semarang serta pemanfaatannya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, analisis data, dan pemaparan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa arsitektur Masjid Agung Kauman Semarang memiliki etnomatematika yang berkaitan dengan konsep-konsep matematika diantaranya konsep geometri bangun ruang seperti kubus, balok, prisma segi lima, limas segi empat, dan tabung. Konsep-konsep matematika tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran untuk memperkenalkan dan memahami konsep luas permukaan dan volume bangun ruang melalui budaya lokal. Adapun saran dari penelitian ini adalah perlunya penelitian lanjutan yang lebih mendalam tentang penggunaan konsep matematika dalam geometri bangun ruang pada arsitektur masjid dan seni bangunan tradisional lainnya sehingga dapat membantu peserta didik untuk memahami konsep matematika dengan cara yang lebih menarik dan bermakna secara budaya.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4256Eksplorasi Etnomatematika Materi Aritmetika Sosial pada Kuliner Pindang Serani2025-02-25T09:20:48+07:00Dina Qonita Auliya[email protected]Muhammad Khoirul A’mal[email protected]Lubna Rihadatul ‘Aisy[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengkaji dan menganalisis konsep matematika pada Pindang Serani sebagai dasar pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika khususnya pada materi aritmetika sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksploratif dengan pendekatan etnografi. Data dikumpulkan melalui studi literatur, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas jual beli dalam kuliner khas Pindang Serani melibatkan aspek etnomatematika yang terkait dengan konsep-konsep matematika, seperti harga penjualan dan pembelian, kerugian, keuntungan, diskon atau potongan harga, pajak, dan bunga tunggal. Konsep-konsep matematika yang terkait dengan kuliner khas Pindang Serani dapat digunakan untuk memperkenalkan dan memahami konsep aritmetika sosial kepada peserta didik melalui pengenalan budaya lokal.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4257Telaah Modul Digital Terintegrasi Model PjBL dengan Pendekatan Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah2025-02-25T09:29:25+07:00Siti Rofiana[email protected]ST. Budi Waluyo[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]<p>Salah satu kemampuan penting pada abad 21 dan yang menjadi tujuan utama dalam pendidikan matematika yaitu kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penggunaan modul digital terintegrasi PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan pendekatan outdoor learning. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dari beberapa artikel atau jurnal nasional yang direview pada rentang tahun 2014 hingga tahun 2023. Model PjBL membantu peserta didik untuk memecahkan permasalahan di luar kelas dengan tantangan-tantangan yang diberikan. Integrasi dari outdoor learning juga berfokus pada pemecahan masalah dalam kehidupan di luar kelas. Penerapan model PjBL dengan pendekatan outdoor learning dalam modul digital memberikan kesempatan dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik untuk menemukan solusi dari sebuah permasalahan di luar kelas. Ketika menghadapi tantangan abad 21, modul digital terintegrasi model PjBL dengan pendekatan outdoor learning dapat menjadi referensi dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4258Studi Literatur: Buku Ajar PjBL-STEAM Berbantuan MathCityMap dan GeogebraKebudayaan Jawa terhadap Kemampuan Berpikir Kritis2025-02-25T09:35:21+07:00Bayu Murti Suryonegoro[email protected]Yanuar Evanto[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk menelaah deskripsi implementasi buku ajar PjBL-STEAM berbantuan aplikasi MathCityMap dan Geogebra pada kebudayaan Jawa dan mengkaji dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan teknik analisis kualitatif studi literatur. Berdasarkan penjelasan diatas buku ajar ini dikembangkan dengan aplikasi STEAM dengan memasukkan etnomatematika pada kebudayaan Jawa melalui integrasi MathCityMap dan Geogebra pada setiap projek dan soal-soal uji kompetensi, pada beberapa projek juga disediakan dengan barcode pada konten geogebra. Harapannya dengan integrasi hal ini akan membantu proses peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dapat dilihat melalui penerapan projek, soal evaluasi, dan sintaks model yang diterapkan didalamnya, hal ini sejalan dengan penjelasan yang menyatakan bahwa pembelajaran matematika melalui pengembangan buku ajar ini mengarahkan siswa untuk menyelesaikan masalah dalam dunia nyata dan meningkatkan kreatifitas, inovasi, dan kekritisan dalam berpikir. Maka, peneliti juga menyimpulkan bahwa buku ajar yang dikembangkan juga terintegrasi dengan model project based learning-STEAM sebagai upaya mendukung komponen inovasi dalam proses peningkatan kemampuan kritis siswa.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4259TELAAH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT! TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA2025-02-25T09:54:34+07:00Nurhayati Dwi Kusumaningrum[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]<p>Kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah yang ditandai dengan kesulitan siswa dalam menafsirkan istilah, gambar, tabel, rumus, dan simbol matematika dalam permasalahan nyata, serta kurangnya keberanian siswa dalam mengungkapkan ide matematis. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan aplikasi Kahoot! terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur yang bersumber dari jurnal, buku ataupun artikel nasional dan internasional. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah tersusunnya langkah-langkah pembelajaran pada model PBL berbantuan aplikasi Kahoot! terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Model PBL mengorientasikan siswa pada permasalahan nyata yang kemudian dihubungkan ke dalam model matematika. Penggunaan aplikasi Kahoot! dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran matematika dan menciptakan suasana pembelajaran interaktif. Siswa akan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, menyusun konsep dari pemahaman yang dimilki, bertukar pikiran dengan teman, dan tersusunnya rencana penyelesaian yang strategis, serta berani untuk mengemukakan pendapatnya. Penerapan model PBL berbantuan aplikasi Kahoot! menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran matematika, sehingga diperlukan adanya penelitian lebih lanjut untuk mengimplementasikannya dengan memperhatikan indikator dari kemampuan komunikasi matematis siswa.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4260Telaah Buku Ajar dengan Model PjBL-STEM Berbantuan Google Sites Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa2025-02-25T09:58:12+07:00Maya Agustina[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]S.B Waluya[email protected]<p>Pendidikan diperlukan untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat berpikir kritis sehingga dapat menjawab berbagai masalah saat ini karena cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemampuan berpikir kritis adalah bagian dasar dari potensi matematika yang penting dipelajari untuk mengembangkan mentalitas dan bermanfaat dalam konteks global. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji penggunaan buku ajar dengan model project based learning terintegrasi STEM berbantuan google sites terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggabungkan beberapa penelitian terdahulu yang relevan dengan fokus bahasan, yang kemudian dikompilasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai telaah buku ajar model project based learning terintegrasi STEM. Penggunaan buku ajar dengan model project based learning terintegrasi STEM berbantuan google sites merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penggunaan model project based learning dan pengintegrasian STEM pada buku ajar efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penggunaan google sites juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis karena memudahkan siswa dalam belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa menjadi lebih fokus. Diperlukan implementasi di sekolah terkait buku ajar dengan model project based learning terintegrasi STEM berbantuan google sites terhadap kemampuan berpikir kritis.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4261Eksplorasi Etnomatematika Konsep Geometri pada Objek Wisata Cepogo Cheese Park Kota Boyolali2025-02-25T10:05:42+07:00Atikah Azhar Syarif[email protected]Mellia Andini[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]<p>Pembelajaran matematika di sekolah seringkali tidak kontekstual dan tidak bermakna. Julukan Kota Boyolali sebagai kota susu menjadi salah satu unsur budaya yang memberikan ciri khas. Oleh karena itu, di Boyolali terdapat berbagai objek wisata yang berkaitan dengan olahan susu, salah satunya wisata Cepogo Cheese Park. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang terdapat pada objek wisata Cepogo Cheese Park, khususnya yang berkaitan dengan konsep geometri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan kajian literatur terkait Cepogo Cheese Park. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada objek wisata Cepogo Cheese Park juga menerapkan konsep-konsep matematika, khususnya yang berkaitan dengan konsep geometri, seperti bangun datar dan bangun ruang. Kemudian dapat dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkaji pengintegrasian etnomatematika pada objek wisata Cepogo Cheese Park dalam proses pembelajaran matematika.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4262Telaah Buku Ajar Dengan Model Problem Based Learning Terintegrasi STEM Berbantuan Liveworksheet Terhadap Literasi Matematis2025-02-25T10:10:32+07:00Nikmah Khoirunnisa[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]Stevanus Budi Waluya[email protected]<p>Kemampuan seseorang untuk bernalar secara matematis dan merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan untuk memecahkan masalah dalam berbagai situasi dunia nyata dikenal sebagai literasi matematis. Studi literatur ini bertujuan untuk mengeksplorasi tentang buku ajar dengan model Problem Based Learning terintegrasi STEM berbantuan liveworksheet terhadap literasi matematis. Metode penelitian studi literatur digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data digunakan untuk mengumpulkan sejumlah data atau sumber yang terkait dengan subjek penelitian, yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah. Selanjutnya, hasil dan pembahasan penelitian diperiksa sebelum sampai pada kesimpulan. Model problem based learning berpusat pada siswa dan mendorong mereka untuk berkolaborasi dalam kelompok diintegrasikan dengan pendekatan STEM memberikan pengalaman siswa mengenai permasalahan kontekstual yang mendukung peningkatan literasi matematis siswa. Penggunaan media liveworksheet dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika. Pengembangan buku ajar dengan model model problem based learning terintegrasi STEM berbantuan liveworksheet berpengaruh terhadap literasi matematis siswa.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4263Etnomatematika Makanan Khas Cirebon “Nasi Jamblang” pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel2025-02-25T10:14:50+07:00Alifia Sri Agustin[email protected]Deswita Nurrahma Alfatira[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]<p>Matematika merupakan sebuah ilmu, dapat dikaitkan dengan budaya dalam studi yang disebut etnomatematika. Materi sistem persamaan linear dua variabel pada matematika ialah materi yang penting sebab digunakan dalam konsep-konsep matematika selanjutnya. Tujuan penelitian ini yakni mengeksplorasi budaya lokal Nasi Jamblang khas Cirebon pada pembelajaran matematika dalam materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif melalui penggunaan pendekatan etnografi. Metode kualitatif yakni proses penelitian dan pemahaman yang dilandaskan atas metodologi untuk melakukan penyelidikan atas sebuah fenomena sosial dan permasalahan manusia. Pendekatan etnografi yaitu penelitian guna mendeskripsikan kebudayaan sebagaimana adanya serta berusaha untuk mempelajari peristiwa kultural, yang menampilkan pandangan hidup subjek sebagai objek studi. Hasil penelitian ini adalah Makanan khas Cirebon Nasi Jamblang tersebut mampu menunjang peserta didik supaya memahami konsep-konsep yang terdapat dalam materi sistem persamaan linear dua variabel, yaitu pada penentuan variabel-variabel untuk menghitung harga per lauk dari Nasi Jamblang. Dengan menggunakan makanan khas Cirebon Nasi Jamblang dalam pembelajaran matematika berbasis etnomatematika tersebut dapat memudahkan peserta didik ketika mengingat materi sistem persamaan dua variabel. Artikel ini selain dijadikan sebagai contoh kasus nyata dalam pengajaran sistem persamaan linear dua variabel dapat juga menyediakan informasi sejarah budaya mengenai makanan khas daerah serta membuka wawasan tentang konsep matematika pada kehidupan sehari-hari.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4264Telaah Buku Ajar Berbasis Challenge Based Learning Terintegrasi Liveworksheet terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif2025-02-25T10:20:08+07:00Annisa Rani Ayu Salsabila[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]<p>Buku ajar Challenge Based Learning (CBL) terintegrasi liveworksheet merupakan pengintegrasian liveworksheet pada model Challenge Based Learning (CBL) didalam buku ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah model pembelajaran Challenge Based Learning terintegrasi liveworksheet terhadap kemampuan berpikir kreatif pada buku ajar. Adapun metode penelitian yang digunakan metode studi literatur berupa artikel ilmiah, buku-buku, laporan penelitian dan sumber lain yang signifikan serta teknik analisis data yang digunakan yaitu mengorganisasikan, menyintesis, dan mengidentifikasi untuk menemukan inovasi pada pembelajaran matematika yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Model Challenge Based Learning siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Integrasi liveworksheet akan meningkatkan hasil belajar, partisipasi dan pemahaman siswa, serta memunculkan kreativitas siswa. Oleh karena itu, inovasi model Challenge Based Learning terintegrasi liveworksheet dapat memberikan dampak yang positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Lebih lanjut, dapat dilakukan penelitian terkait implementasi buku ajar berbasis Challenge Based Learning (CBL) yang terintegrasi liveworksheet terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4265TELAAH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN E-BOOK BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA2025-02-25T10:25:03+07:00Tri Indah Febiyani[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]<p>Bagian abstrak berisi maksimal 200 kata berisi tentang: tujuan; metode; hasil; dan simpulan. Abstrak dalam artikel Anda berfungsi untuk menjelaskan secara singkat isi artikel Anda. Abstrak dimaksudkan untuk menjadi penjelasan dari artikel anda. Jangan gunakan singkatan pada abstrak. Cara mudah untuk menulis abstrak adalah mengutip poin yang paling penting di setiap bagian artikel anda. Kemudian gunakan deskripsi singkat dari hasil penelitian atau kajian Anda. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah model Project Based Learning (PjBL) terintegrasi etnomatematika berbantuan e-book terhadap kreatif matematis siswa. Penelitian ini mengaplikasikan metode studi literatur berupa artikel ilmiah, buku-buku, laporan penelitian dan sumber lain yang signifikan serta teknik analisis data yang digunakan yaitu mengorganisasikan, mensintesis, dan mengidentifikasi. Dengan model PjBL terintegrasi etnomatematika berbantuan e-book menjadi salah satu alternatif siswa yang dapat menyelesaikan masalah terkait masalah nyata bernuansa etnomatematika dan siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian dengan model PjBL bernuansa etnomatematika berbantuan e-book akan menjadi solusi yang kreatif dan inovasi terhadap kemampuan berpikir kreatif. Pembelajaran dengan melalui objek-objek kearifan lokal di lingkungan sekitar serta siswa akan diberikan proyek permasalahan berkaitan etnomatematika dengan menambah pengetahuan dan keterampilan pembelajaran matematika. Lebih lanjut, dikembangkan proses pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) dengan media pembelajaran yang terintegrasi etnomatematika terhadap kemampuan kreatif siswa.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4266TELAAH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EBOOK MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA2025-02-25T10:29:01+07:00Rizki Agustin Fauziah[email protected]Adi Satrio Ardiansyah[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh model problem based learning berbantuan ebook matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur atau studi kepustakaan. Kajian studi literatur dilakukan melalui analisis hasil literatur terdahulu yang relevan untuk menemukan inovasi baru dalam pembelajaran matematika yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik analisis yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu organize, synthesize, dan identify. Inovasi model problem based learning berbantuan ebook matematika menjadi salah satu alternatif dalam menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis. Tercatat bahwa penggunaan model problem based learning membuat siswa lebih aktif, kreatif, kritis, dan berinovasi sehingga dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis mereka. Hasil dari studi literatur menunjukkan bahwa model problem based learning dengan berbantuan ebook matematika dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, inovasi model problem based learning berbantuan ebook matematika dapat memfasilitasi siswa untuk melakukan aktivitas memahami konsep dan masalah, menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan permasalahan sesuai rencana yang telah dibuat, dan memeriksa kembali jawaban, serta memberikan dampak yang baik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4268Systematic Literature Review: Mathematical Creative Thinking Skills in Treffinger Learning in terms of Self Efficacy 2025-03-01T14:12:48+07:00Hasan Fadlurrohman[email protected]<p>The skill to think creatively is one of the skills that is needed to be skilled in solving a problem. One learning model that can support creative thinking skills is the Treffinger learning model. In addition, the affective aspect of self-efficacy can also help in improving creative thinking skills. This study used the Systematic Literature Review method of 18 articles related to creative thinking abilities, Treffinger learning models, and affective aspects of self-efficacy. The purpose of this research is to analyze the skill to think creatively in the Treffinger learning model in terms of self-efficacy. The results of the research show that, (1) the most research related to creative thinking skills in treffinger in terms of self-efficacy was mostly carried out in 2019, (2) the research method that was mostly carried out was qualitative methods, (3) most were carried out at the junior high school level, and (4) there is a positive influence in increasing the ability to think creatively in treffinger in terms of self efficacy</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4269Systematic Literature Review: Improving Creative Thinking Ability and Curiosity in Learning Geometry GeoGebra assistance2025-03-01T14:15:55+07:00Annisa Rahma Niar[email protected]<p>In the process of learning geometry, high curiosity is needed to be able to support learning success. In addition, it also takes the ability to think creatively in solving problems. An attitude of curiosity and the ability to think creatively can be grown in the application of GeoGebra-assisted geometry learning. This study aims to examine whether GeoGebra-assisted geometry learning can improve students' curiosity and creative thinking abilities in learning geometry and what learning model is appropriate to increase students' curiosity and creative thinking skills in learning geometry. This research was conducted using the SLR method for articles published in 2016-2023 about improving creative thinking ability and curiosity in learning geometry. There are 26 national or international articles obtained from Google Scholar and ResearchGate databases. The results of this study concluded that to investigate the impact of using Geogebra software on creative thinking ability and curiosity in geometry learning. It was found that Geogebra had a positive effect on improving creative thinking ability in geometry learning, and while it also had a positive effect on curiosity, this area could potentially be further explored as a research topic. The second finding from a research study conducted between 2016 and 2023, focused on improving creative thinking and curiosity in geometry learning with the assistance of Geogebra software, showed that the Problem Based Learning model was commonly used. Thirdly, the study found that research on enhancing creative thinking and curiosity in geometry learning with Geogebra is primarily conducted with junior high school students.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4270Systematic Literature Review: Think Pair Share Learning Model on Students’ Mathematical Communication Skills with Ethnomathematics Nuances in Terms of Self-Efficacy 2025-03-01T14:39:02+07:00Deby Mardikaningsih[email protected]<p>The study is primarily based totally on mastering mathematics which has a tendency to be passive, and students' mathematical communication skills are low. This study used the Systematic Literature Review (SLR) approach from articles posted in 2016-2023 concerning the Think Pair Share learning model, mathematical communication skills, ethnomathematics nuances, and self-efficacy. There are 28 countrywide or global articles acquired from Google Scholar and Springer. Based at the study results, it suggests that Think Pair Share learning model can growth students' mathematical communication skills with ethnomathematics nuances in phrases of self-efficacy.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4271Systematic Literature Review: Students' Mathematical Problem Solving Ability in View of Self-Efficacy in the PjBL Model with RME Approach Assisted by Scratch2025-03-01T14:41:55+07:00Ani Nor Aida[email protected]<p>Mathematical problem solving abilities and self-efficacy are fundamental abilities that are very much needed, especially in learning mathematics. But in fact, students' mathematical problem- solving abilities in Indonesia are still low. One effort that can be made to overcome these problems is to apply the Project-Based Learning (PjBL) model with a Realistic Mathematics Education (RME) approach and use Scratch media. This study aims to analyze students' mathematical problem solving abilities in view of self-efficacy in the PjBL model with the RME approach assisted by Scratch. The method used in this research is using the Systematic Literature Review (SLR) method. The results showed that there was an influence on students' problem-solving abilities in view of self-efficacy in the PjBL model with the Scratch-assisted RME approach.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4272Systematic Literature Review; Disposition towards Mathematical Problem Solving in Problem-Based Learning with Realistic Mathematical Approach assisted by Autograph 2025-03-01T14:44:24+07:00Sayyida Adelia Febrianti[email protected]<p>Education continues to innovate to achieve the skills needed in the current era. This study uses the SLR method to examine the objectives, types, previous related research designs, and research trends on the influence of dispositions on students' mathematical problem solving in problem-based learning with a realistic mathematics approach assisted by autographs in the 2017-2023 range. There are 23 national and international articles published obtained from the Google Scholar database. The results of this study indicate that students' mathematical dispositions play a major role in students' mathematical problem solving abilities and problem-based learning with a realistic mathematical approach assisted by Autograph effectively improves students' problem solving abilities.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4273Mathematical Creative Thinking Ability Viewed from Student Self Efficacy Through the STEAM Approach to Project-Based Learning 2025-03-01T14:46:58+07:00Koimatul Chasanah[email protected]<p>In this era of globalization, learning based on Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM)-based learning is becoming more popular, especially in learning mathematics. Innovation in education must be in accordance with the times, students are currently required to have HOTS abilities, one of which is the ability to think creatively mathematically, to develop student creativity, one of which is implementing project-based learning strategies through the STEAM approach to mathematical creative thinking abilities viewed from student self -student efficacy. This research was conducted by using of Systematic Literature Review (SLR) method to articles that published in 2019-2023 regarding to creative thinking of mathematics abilities viewed from student self-efficacy through the STEAM approach to project-based learning. There are 26 national or international articles retrieved from the Google Scholar and ResearchGate databases. The results of this study indicate that the STEAM approach to project-based learning can improve students' mathematical creative thinking abilities in terms of self-efficacy.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4274Systematic Literature Review: Analysis of The Influence of ICT Integration in Mathematics Learning on Students' Mathematical Creative Thinking Ability 2025-03-01T14:52:08+07:00Faiza Amelia Fadila[email protected]<p>Mathematical creative thinking ability is a very important competency in the process of learning and mastering mathematics, because with the mathematical creative thinking ability, students can easily understand mathematical objects and associate facts, concepts, and mathematical principles. This article was written to determine the effect of ICT (Information and Communication Technology) integration in learning mathematics on students' mathematical creative thinking abilities. The method used is SLR (Systematic Literature Review), namely by collecting, analyzing, and concluding articles related to ICT and students mathematical creative thinking abilities from national and international journals on the Google Schoolar database. The articles reviewed were articles published in 2019-2023 that were searched for with the keywords (1) mathematical creative thinking ability, (2) ICT based mathematics learning, and (3) ICT to improve mathematical creative thinking ability. The analysis of the 25 articles that have been collected show that the integration of ICT in learning mathematics has an impact on student’s mathematical creative thinking abilities.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4275Analysis of Mathematical Literacy Ability in Term of Student Learning Independence in Realistic Mathematics Education (RME) Learning with Ethnomathematics Approach 2025-03-01T14:54:59+07:00Risma Choirunisa[email protected]<p>In learning mathematics, one of the fundamental abilities that students must have is mathematical literacy. The mathematical literacy ability of students can be influenced by several things, one of which is learning independence. One way to improve students' mathematical literacy skills and independent learning is to use the application of the RME model. This study aims to determine differences in mathematical literacy abilities in terms of student independence in RME learning with an ethnomathematics approach, compared to conventional learning. The method used in this research is Systematic Literature Review (SLR). The results of this study state that students' mathematical literacy abilities can be influenced by the level of learning independence, learning models and approaches used. The conclusion that can be drawn is that mathematical literacy skills can be improved effectively by using the RME learning model with ethnomathematics approach, which also has a positive impact on student learning independence.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4276Inquiry Learning Model to Improve Critical Thinking Skills of High School Students2025-03-01T14:57:40+07:00Rio Aji Bimantoro[email protected]<p>This research aims to discuss students' critical thinking skills in learning mathematics with an inquiry learning model. This type of research is descriptive qualitative research with literature review method. Data were collected through related journals to be reviewed. The results showed that the inquiry learning model is a powerful tool to improve students' critical thinking skills in learning. By emphasizing active learning, collaborative work, and real-world applications, this model gives students the tools they need to develop their critical thinking skills and become more effective learners. The model was able to improve critical thinking skills along with increased problem-solving skills, creativity, engagement, communication skills, and deeper content understanding. By developing critical thinking skills, inquiry-based learning can prepare students for success in academic, professional, and personal environments.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4277Systematic Literature Review: Critical Thinking Ability and Self-Efficacy in PBL Learning with STEM Approach 2025-03-01T15:00:38+07:00Tia Puspita Dewi[email protected]<p>There are still many students who have not optimized their thinking ability, especially in higher order thinking and self-efficacy because students feel bored in learning mathematics. The learning model that fits student centered is the Problem-based learning (PBL) model. PBL can be associated with STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). This study aims to compile and describe the study of mathematical critical thinking ability in Problem-Based Learning with the STEM Approach, Self-Efficacy in Problem-Based Learning with the STEM Approach, and correlation between Critical thinking ability and self-efficacy. The Systematic Literature Review (SLR) method was used in the writing of this article. This research was conducted by collecting, reviewing and concluding from several articles in the last 6 years (2017-2023). The results of this study show that problem-based learning may increase students' self-efficacy in studying mathematics and that it can improve students' critical thinking ability compared to conventional learning.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4278Systematic Literature Review : Students' Mathematical Problem Solving Ability in View of Adversity Quotient Through Problem Based Learning Model with STEM Approach2025-03-01T15:03:36+07:00Popy Nur Hikmah[email protected]<p>Prob;em solving ability is among the learning objectives of mathematics that must be achieved. Problem Based Learning model is one of learning innovation that expected to be able to imorove student’s problem-solving abilities. In addition, problem-solving skills are also influemced by the Adversity Quotient and a globally competitive learning approach, namely the STEM approach. This research aims to describe students’ mathematical problem solving abilities in view of adversity quotient through a problem based learning model and STEM approach. This research is using Systematic Literature Review (SLR) method. The study was conductud by reviewing 17 journals from 2017 2022. The result showed that learning with Problem Based Learning model and a STEM approach affected students’ problem solving abilities. And there is a relationship between adversity quotient and students' problem solving skills.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4279Systematic Literature Review: Mathematical Critical Thinking Ability Viewed from Students’ Curiosity PjBL Assisted by Virtual Reality2025-03-01T15:06:09+07:00Inez Anggraini[email protected]<p>Research has been carried out on the implementation of the PjBL model with the help of virtual reality media on students' mathematical critical thinking abilities in terms of curiosity. This study aims to review that the Virtual Reality (VR) assisted Project Based Learning (PjBL) model can improve students' critical thinking ability and curiosity. The method used is Systematic Literature Review (SLR). The research was conducted by collecting, reviewing, and concluding from several articles in the last 6 years (2017-2023) in national and international journals related to the topic of discussion, critical thinking abilities in the VR-assisted PjBL learning model. The results showed that students' mathematical critical thinking abilities could be improved through the VR-assisted PjBL learning model. The results of the study also show that students' curiosity can be developed by using VR-assisted PjBL learning. It is hoped that this article can provide insights for readers to carry out research related to students' critical thinking ability and curiosity in VR-assisted PjBL learning</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4280MATHEMATICS COMMUNICATION SKILL REVIEWED ON SELF CONFIDENCE, MATHEMATICS DISPOSITION IN MEAs LEARNING WITH GEOGEBRA ASSISTANCE 2025-03-01T15:08:46+07:00Gea Dianara Chikita[email protected]<p>This study aims to find out what are the objective research, methods research, and research trends in articles . The method used in this article is Study Literature Review (SLR) by analyzing qualitative studies related to Students' Mathematical Communication Skill reviewed based on students' self confidence and mathematical dispositions in Eliciting Activities learning models (MEAs) with Geogebra-assisted in 2016 - 2023. The results of the study show that from 15 reviewed articles that most students who do Eliciting Activities learning models (MEAs) with geogebra-assisted will have an increase in Mathematical Communication abilities in terms of self-confidence and students' mathematical disposition.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4281Systematic Literature Review: Mathematical Critical Thinking Ability Viewed From Adversity Quotient through CORE Learning Model based on Game Based Learning 2025-03-01T15:11:08+07:00Chitra Ayu Nevtianingsi[email protected]<p>In the 21st century, there are several capabilities that must be possessed in order to be able to compete along with the times and technology. In the field of education, especially mathematics, the ability to think critically is a must-have ability. Critical thinking ability can be viewed from the Adversity Quotient (AQ). AQ is an individual ability that is expected to change view of a difficulty as a new opportunity to achieve the desired success. Education as a facility of improving critical thinking ability in terms of AQ, learning is its activity. In learning there is a learning model that is used, namely CORE learning model (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) based Game Based Learning (GBL). The purpose of writing this is to describe the effectiveness of Mathematical Critical Thinking Ability in terms of AQ in CORE Learning Model based GBL. This research used Systematic Literature Review (SLR) method in articles or journals published in 2013-2023. There are 15 national or international articles obtained from the Google Scholar and Scopus databases. The results showed that CORE Learning Model based GBL can effectively improve critical thinking ability.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4282Systematic Literature Review: Creative Thinking Ability based on Mathematical Anxiety Level in Problem Based Learning with Metacognitive Approach 2025-03-01T15:13:45+07:00Arneta Nur Hapsari[email protected]<p>Creative thinking skills are part of life skills that need to be developed, especially in the face of the information age and an increasingly competitive atmosphere. Creative thinking skills can also improve students' higher-order thinking skills, where students' higher-order thinking skills in Indonesia are still relatively low. The low level of students' creative thinking skills can also be influenced by students' anxiety levels. The existence of the influence of students' anxiety levels on higher order thinking skills can be overcome by the application of the right learning model, one of which is the Problem Based Learning model with a Metacognitive approach. The objective of this study was to determine the relationship between students' creative thinking skills in terms of students' mathematical anxiety level in the Problem Based Learning model with a metacognitive approach. The research is using Systematic Literature Review (SLR), and was conducted by identifying, analyzing, and evaluating all articles obtained. The articles used in this study are articles from the last eight years (2015-2022). The results showed that there is a relationship between students' creative thinking ability and students' anxiety level in the Problem Based Learning learning model with a metacognitive approach.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4283Penggunaan Web Math Learn sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Wordpress pada Materi Bangun Ruang2025-03-01T15:17:01+07:00Indah Ayu Kusumawardani[email protected]Ida Laelatur Rosidah[email protected]Maliki Alfath [email protected]<p>Matematika termasuk mata pelajaran yang penting untuk dipelajari bagi peserta didik. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman matematika peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Sehingga, diperlukan perangkat pembelajaran baru sebagai penunjang keberhasilan pembelajaran. Perlu diketahui bahwa pada era digitalisasi ini, penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan sudah tak asing lagi. Maka, diperlukan media pembelajaran matematika berbasis Wordpress menggunakan web Math Learn sebagai solusi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji media pembelajaran matematika berbasis Wordpress dengan menggunakan web Math Learn pada materi bangun ruang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui kajian pustaka/ studi literatur dengan sumber data sekunder. Media pembelajaran matematika ini dirancang untuk membantu peserta didik dalam memahami materi bangun ruang secara mandiri. Selain itu, penggunaan media pembelajaran berbasis web Math Learn menyajikan pembelajaran matematika lebih menarik, interaktif, dan mudah diakses. Penggunaan Wordpress sebagai media pembelajaran matematika pada web Math Learn dapat menjadi solusi digital dalam menghadapi permasalahan peserta didik di era digitalisasi.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4284Literature Study: Creative Thinking Skills Viewed from Students HoM in PjBL Model with STEM Approach 2025-03-01T15:20:32+07:00Nabila Dafina Putri[email protected]<p>Artikel ini membahas tentang hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan habits of mind siswa dan model pembelajaran project-based learning dengan pendekatan STEM yang merupakan hasil studi literatur dari beberapa artikel terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana habits of mind berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa didukung dengan model project-based learning dengan pendekatan STEM. Dari pengumpulan data beberapa referensi yang diterbitkan antara tahun 2014-2022, hasil studi menunjukkan apabila terdapat hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kreatif dengan habits of mind siswa dan model pembelajaran project based learning dengan pendekatan STEM. Habits of mind atau kebiasaan berpikir yang kerap digunakan siswa dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mereka, sementara model pembelajaran project-based learning memfasilitasi siswa untuk mengembangkam kemampuan berpikir kreatif mereka melalui pengalaman belajar yang interaktif dan juga berpusat pada siswa, dengan menerapkan konsep STEM dalam kehidupan sehari-hari.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4285Mengintegrasikan TIK dalam Pembelajaran Matematika Untuk Siswa SMP Kelas VII melalui Website Interaktif 2025-03-01T15:23:06+07:00Iin Ariyas Setyawati[email protected]Arinta Dwiandhini[email protected]Ria Lita Arafu[email protected]<p>Dari banyaknya mata pelajaran yang ada, matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Mereka sering percaya bahwa matematika itu tidak menyenangkan dan tidak terlalu dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari akan tetapi Keberhasilan di bidang sains dan teknologi memerlukan kemampuan matematika yang baik. Hal tersebut menuntut adanya inovasi dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui website interaktif. Website interaktif dibangun dengan berbagai fitur seperti materi matematika kelas VII dan referensi video pembelajaran, beberapa contoh soal dan terdapat latihan soal pada setiap bab materi dengan cara penyajian yang menarik. Siswa juga secara mandiri dapat mengakses website untuk mempelajari kembali dengan akses yang mudah. Artikel ini memiliki tujuan untuk mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kegiatan pembelajaran matematika SMP kelas VII melalui website interaktif sebagai salah satu pendekatan yang efektif, sehingga dengan adanya TIK dapat membantu pemahaman siswa tentang konsep matematika yang ada. Diharapkan bagi guru maupun tenaga pendidik untuk dapat mengembangkan media pembelajaran seperti website interaktif lainnya agar lebih menarik guna meningkatkan motivasi belajar siswa.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4286Systematic Literature Review: Analysis of Mathematical Problem Solving Ability based on Adversity Quotient in Problem Based Learning 2025-03-01T15:26:31+07:00Nilam Arum Setyaningsih[email protected]<p>The world of mathematics education is certainly inseparable from various problems that must be resolved. Likewise with students who are required to be able to solve the mathematical problems they face. This is where the role of mathematical problem solving skills plays an important role. Problem solving ability is one part of the 21st century skills that need to be developed in the process of learning mathematics, because having good problem solving skills can make it easier for students to solve math problems. The purpose of this study was to analyze mathematical problem solving abilities based on the Adversity Quotient in Problem Based Learning. This research was conducted using the Systematic Literature Review (SLR) method for articles published in 2017 2023 regarding problem solving abilities based on Adversity Quotient in Problem Based Learning learning. There are 20 national or international articles obtained from the Google Scholar database. The results showed that the problem-solving skills of students using problem-based learning models were better than other learning, the Adversity Quotient had an effect on problem-solving abilities, and students with high Adversity Quotient (climber) had good problem-solving skills.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4287Systematic Literature Review: Mathematical Creative Thinking Ability in View of Self-Confidence in PBL Models Assisted by LKS Open Ended Question 2025-03-01T15:32:45+07:00Linda Kamelia[email protected]<p>PISA (Program for International Student Assessment) research from 2018 revealed that Indonesian students' capacities for creative thought were comparatively poor, ranking just 74th out of 79 nations with averaging a score of 379. This shows that the Indonesia's application of education is not optimal. Students need high creativity in the thinking process. This study's goal is to describe the to think creatively mathematically in terms of self-confidence in the PBL model assisted by LKS open ended questions. The capacity to think in terms of creatively and mathematically of trust in the PBL model with the use of LKS open-ended questions was studied using the systematic literature review (SLR) technique for studies published in 2016–2023. There are 23 national and international articles publications were found in the Google Scholar database. The outcomes demonstrated that the PBL model assisted by LKS open ended questions have a significant relationship positive effect on increasing students' mathematical creative thinking abilities in terms of self-confidence.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4288System Literature Review: IMPROVING PROBLEM SOLVING ABILITY AND STUDENTS' MATHEMATICAL DISPOSITION IN THE IMPLEMENTATION OF PBL LEARNING MODELS SUPPORTED MATH TRAILS2025-03-01T15:50:53+07:00Zalsabila Yanuariska Putri[email protected]<p>Matematika merupakan bidang studi yang sangat berperan penting di era sekarang ini. Namun banyak dari siswa menganggap matematika merupakan pembelajaran yang sangat sulit. Ada banyak cara untuk menangani kasus tersebut, diantaranya dengan mengkombinasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang disertai dengan aktivitas luar kelas. Aktivitas luar kelas ini dapat dilaksanakan dengan berbantuan Math Trails pada Aplikasi Math City Map sebagai media pembelajaran matematika. Pembelajaran dengan berbantu Math Trails ini dapat melatih dan meningkatkan aspek kognitif pada siswa, yaitu kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah menjadi hal yang utama dalam pembelajaran matematika yang perlu ditingkatkan. Guna untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dapat dilakukan dengan aktivitas berbantuan Math Trails. Berbantuan Math Trails siswa dapat mengubah cara pandang siswa terhadap pembelajaran matematika. Suatu sikap individu terhadap cara pandang atas matematika, yang akan menampilkan perilaku rasa ingin tahu, tekun, percaya diri dan berminat terhadap matematika yang disebut dengan disposisi matematis siswa. Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam implementasi model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Math Trails. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode System Literature Review (SLR) pada artikel ataupun jurnal terbitan tahun 2015-2023 tentang pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil menunjukkan bahwa disposisi matematis siswa dalam implementasi model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa dan memiliki kecenderungan untuk menguji pada kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan Math Trails efektif dilakukan dan relevan untuk dilakukan penelitian selanjutnya.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4289Pengembangan Website Pembelajaran berbantuan Google Site dan Padlet Materi Barisan dan Deret Kelas VIII SMP 2025-03-01T15:53:55+07:00Syifaa’ Nurhidayah[email protected]Teguh Prasojo[email protected]Sahda Adilah Nur’aini[email protected]<p>Dalam era digital, teknologi informasi dan komunikasi telah memainkan peran penting dalam pendidikan. Google Site merupakan platform pembuatan website yang user-friendly dan dapat diakses secara gratis, sedangkan Padlet platform majalah dinding online. Website yang akan dibuat menyediakan sumber daya pembelajaran yang relevan dengan mata pelajaran matematika. Artikel ini menguraikan berbagai cara di mana membuat website berbantu Google Site dan Padlet dapat digunakan untuk membantu pembelajaran matematika peserta didik. Tujuan penelitian ini dibuat adalah untuk membuat website yang berisi materi pembelajaran, tugas, dan referensi tambahan sehingga peserta didik diberikan akses yang beragam untuk memperoleh materi-materi tersebut dimanapun dan kapanpun mereka membutuhkannya. Jenis penelitian R&D dengan model ADDIE yang fokus hanya dibatasi tahap analisis dan tahap desain melalui kajian literatur dari berbagai sumber. Sehingga, artikel ini menekankan untuk membuat website yang berguna dalam konteks pembelajaran matematika. Dengan mengintegrasikan teknologi ini ke dalam media pembelajaran diharapkan artikel ini dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi pendidik dalam memanfaatkan potensi teknologi dalam mendukung pembelajaran matematika yang lebih efektif dan beragam dalam penyajian materinya.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4290Systematic Literature Review: Mathematical Communication Skills and Self Confidence of Students in Think Talk Write Learning 2025-03-01T15:58:03+07:00Ridho Widiwaksono[email protected]<p>Learning mathematics in the 21st century requires students to possess strong mathematical communication skills. To improve mathematical communication skills, self-confidence must always be grown, one of which is by applying Think Talk Write (TTW) learning in mathematics learning. The intention of this study was to describe the implementation of TTW learning on the development of students' mathematical communication skills and self-confidence. The method employed in this study is a systematic literature review (SLR). Data collection was executed by reviewing articles related to TTW learning on students' mathematical communication skills and self-confidence in the period 2018 – 2022. There were 15 national or international articles obtained from the Google Scholar database, UNNES Repository, DOAJ, and ResearchGate. The results of the study show that learning TTW can effectively help students achieve classical mastery, improve students' mathematical communication skills in written and oral communication skills, improve students' mathematical communication skills on math topics, and motivate students to have high self-confidence .</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 https://proceeding.unnes.ac.id/psnmmu/article/view/4291Systematic Literature Review : MATHEMATICAL CRITICAL THINKING ABILITY IN TERMS OF SELF-EFFICACY IN MULTIMEDIA-ASSISTED DISCOVERY LEARNING MODEL 2025-03-01T16:00:46+07:00Farda Azkiya Billah[email protected]<p>In this digitalization era, the world of education must keep up with the times by innovating learning. one of them is through the application of multimedia-assisted learning. in addition, it can also develop mathematical critical thinking skills. To achieve mathematical critical thinking skills in learning, especially mathematics, students need adequate behavior, one of which is self-efficacy. The purpose of this research is to analyze qualitative studies related to mathematical critical thinking skills in terms of self-efficacy in multimedia assisted discovery learning models in 2017-2022. The research method used is Systematic Literature Review (SLR) indexed in Google Scholar. Based on the research that has been done, it shows that one of the learning models is appropriate and effective for improving students' mathematical critical thinking skills, and the model can reduce students' self-efficacy levels because this self-efficacy affects mathematical critical thinking skills.</p>2025-02-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025