PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PSYCHOTROPIC APPLICATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI PADA MATERI PSIKOTROPIKA

Authors

  • Era Tunggal Prehatiningtias Universitas Negeri Semarang
  • I. Mubarok Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Multimedia, Psychotropic Application, Materi Psikotropika, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi psikotropika. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis validitas multimedia psychotropic application menurut para ahli, menganalisis, kepraktisan multimedia psychotropic application menurut guru dan siswa, dan menganalisis keefektifan multimedia psychotropic application dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI pada materi psikotropika. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan prosedur ADDIE yang dilakukan di SMAN 4 Semarang. Sampel uji skala kecil dan besar adalah 10 siswa kelas XII MIPA 8 dan 63 siswa dari kelas XI MIPA 1 dan MIPA 4. Hasil validasi ahli materi dan ahli media adalah 89,4% (sangat layak). Hasil penilaian kepraktisan menurut guru dan siswa adalah 80% (layak) dan 88,9% (sangat layak). Penilaian keefektifan produk untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI dilakukan dengan mencari N-gain dari hasil pre-test dan post-test siswa kelas XI MIPA 1 dan MIPA 4. N-gain yang diperoleh sebesar 0,55 (sedang) dan ketuntasan kedua kelas berada pada kriteria tuntas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa multimedia psychotropic application valid menurut ahli materi dan ahli media, praktis menurut guru dan siswa, serta efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI pada materi psikotropika.

Additional Files

Published

2023-11-29

Issue

Section

Pembelajaran Biologi