PENERAPAN E-LKPD MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR BERBANTUAN QR CODE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Siswa Widya Dwi Setyaningrum Universitas Negeri Semarang
  • A. Irsadi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Berpikir Kritis, E-LKPD, JAS

Abstract

Pembelajaran di sekolah menerapkan kurikulum merdeka mencapai salah satu karakter profil pelajar pancasila yaitu berpikir kritis. Berdasarkan wawancara guru biologi SMAN 5 Semarang kegiatan pembelajaran materi perubahan lingkungan masih dilakukan diskusi sederhana dengan kemampuan berpikir kritis siswa bervariasi dari kategori rendah, sedang, dan tinggi. Siswa masih pasif menunjukkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan E-LKPD materi perubahan lingkungan berbasis jelajah alam sekitar (JAS) berbantuan QR Code terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group. Sampel penelitian terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen, yaitu kelas X-2 dan X-12 di SMAN 5 Semarang. Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah tes berupa soal essay pretest dan posttest sejumlah 5 soal. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest diantara kedua kelas. N-gain kemampuan berpikir kritis kategori sangat tinggi, sedangkan kelas kontrol kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan E-LKPD berbasis jelajah alam sekitar (JAS) pada materi perubahan lingkungan berbantuan QR Code berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Additional Files

Published

2023-11-29

Issue

Section

Pembelajaran Biologi