PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS X SMA

Authors

  • Intan Armenia Universitas Negeri Semarang
  • Andin Irsadi

Keywords:

Hasil Belajar, Perubahan Lingkungan, SOLE

Abstract

Pembelajaran biologi di SMA Negeri 9 Semarang menunjukkan bahwa guru masih menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru yaitu ceramah dengan menunjukkan hasil belajar yang cukup rendah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis model pembelajaran SOLE dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Sampel terpilih 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes berupa pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji paired sample T-test. Hasil analisis data dengan uji paired sample T-test menunjukkan hasil sebesar 0,000 dengan itu hasil uji T test lebih kecil dari <0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran self- organized learing environment. Hasil belajar aspek kognitif siswa pada kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain sebesar 0,50 yang menunjukan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,22 yang dikategorikan rendah. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa Model pembelajaran Self-organized learning environment (SOLE) pada materi perubahan lingkungan meningkatkan hasil belajar dalam proses pembelajaran.

Additional Files

Published

2023-11-29

Issue

Section

Pembelajaran Biologi