EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Authors

  • Nurjanah Nurjanah Universitas Negeri Semarang
  • Eling Purwantoyo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses, Model Pembelajaran, Project Based Learning

Abstract

Kegiatan pembelajaran di SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang masih terbatas melalui metode ceramah, diskusi dan praktikum yang masih berpusat pada guru (teacher centered learning). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEAM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses siswa pada materi perubahan lingkungan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes, dan observasi. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Design dengan rancangan Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang dengan populasi penelitian kelas X. Teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling dengan sampel kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000. Hasil uji hipotesis Mann-Whitney kemampuan berpikir kritis mendapat nilai Sig. (2-tailed) 0,034 sedangkan untuk keterampilan proses memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,005. Hasil Uji N-Gain kelas eksperimen diperoleh nilai 0,60 termasuk dalam kategori sedang dan kelas kontrol 0,40 termasuk dalam kategori sedang. Nilai ketuntasan kelas eksperimen diperoleh 95,83% dan kelas kontrol 87,50%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEAM efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses siswa pada materi perubahan lingkungan.

Additional Files

Published

2023-11-29

Issue

Section

Pembelajaran Biologi