PENGUATAN SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI MELALUI PENERAPAN DIFFERENTIATED LEARNING

Authors

  • Sigit Saptono Universitas Negeri Semarang
  • Siti Alimah Universitas Negeri Semarang
  • Yustinus Ulung Anggraito Universitas Negeri Semarang
  • Ibnul Mubarok Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Differentiated learning, self-efficacy, kemampuan multirepresentasi, mahasiswa, calon guru Biologi

Abstract

Materi yang harus dikuasai mahasiswa calon guru Biologi mencakup fakta, konsep, hubungan antarkonsep, proses metabolisme, hubungan antarmetabolisme, hingga kemampuan berpikir sistemik proses fisiologis makhluk hidup. Variabel yang dapat berkontribusi terhadap penguasaan materi tersebut antara lain penguatan self-efficacy dan kemampuan multirepresentasi yang seharusnya dilatihkan dan dimiliki mahasiswa selama proses belajar. Namun demikian, kedua variabel tersebut belum menjadi perhatian utama dan tujuan perkuliahan yang melibatkan proses belajar mahasiswa. Model Differentiated Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang menekankan pada pemberian variasi fasilitas belajar yang dapat mengakomodir penguatan self-efficacy dan kemampuan multirepresentasi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengembangkan dan mengimplementasikan model spesifik Differentiated Learning hasil pengembangan untuk penguatan self-efficacy dan kemampuan multirepresentasi mahasiswa calon guru Biologi, 2) menganalisis perkembangan self-efficacy mahasiswa calon guru Biologi, dan 3) menganalisis perkembangan kemampuan multirepresentasi mahasiswa calon guru Biologi. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 60 orang mahasiswa Pendidikan Biologi UNNES yang mengambil mata kuliah Biologi Sel (33 mahasiswa) dan Biologi Molekuler (27 mahasiswa). Data self-efficacy mahasiswa diperoleh melalui angket berskala, kemampuan multirepresentasi mahasiswa diambil menggunakan variasi tes, yaitu naratif, bergambar, interpretasi data pada tabel, dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Differentiated Learning hasil pengembangan dapat diaplikasikan dengan baik dan memberikan efek positif terhadap pengembangan self-efficacy dan kemampuan multirepresentasi mahasiswa calon guru Biologi.

Additional Files

Published

2023-11-29

Issue

Section

Pembelajaran Biologi