PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDUKUNG MODEL PEMBELAJARAN HYBRID PADA MATA KULIAH FISIOLOGI HEWAN UNTUK MEMBEKALI CALON GURU BIOLOGI DENGAN KEMAMPUAN TPACK

Authors

  • Wiwi Isnaeni Universitas Negeri Semarang
  • Sigit Saptono Universitas Negeri Semarang
  • Siti Alimah Universitas Negeri Semarang
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

calon guru biologi, kemampuan TPACK, mata kuliah fisiologi hewan, model pembelajaran hybrid, perangkat pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pendukung model pembelajaran hybrid (hybrid learning) untuk meningkatkan penguasaan TPACK para calon guru Biologi. Pengembangan model pembelajaran diawali dengan mengembangkan perangkat pendukung. Perangkat pendukung utamanya ialah 1) Rencana pembelajaran semester (RPS), dan 2) instrumen penilaian penguasaan TPACK. Penelitian pengembangan (R & D) ini menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Pada tahap implementation dilakukan uji coba produk, menggunakan pendekatan penelitian preexperimental, One Group Pretest-Posttest Design. Produk 1 dan 2 diimplementasikan bersamaan dalam mata kuliah Fisiologi Hewan yang menggunakan hybrid learning, melibatkan 114 mahasiswa. Data yang dikumpulkan ialah 1) validitas RPS untuk pembelajarkan TPACK, dan 2) validitas instrumen penilaian penguasaan TPACK pada calon guru Biologi. Instrumen yang digunakan mencakup lembar validasi RPS dan lembar validasi instrument penilaian penguasaan TPACK. Data validitas RPS, data validitas instrumen penilaian penguasaan TPACK, dan data efektivitasnya dianalisis secara dekriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) RPS Fisiologi Hewan, dan 2) instrument penilaian penguasaan TPACK yang dikembangkan terbukti valid dan efektif untuk dapat mendukung model hybrid learning untuk meningkatkan penguasaan TPACK para calon guru Biologi.

Additional Files

Published

2023-11-29

Issue

Section

Pembelajaran Biologi