PENGEMBANGAN MAJALAH ELEKTRONIK “NAPZINE” SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN MATERI PSIKOTROPIKA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU MENOLAK NARKOBA

Authors

  • Erika Rahmawati Universitas Negeri Semarang
  • Lisdiana Lisdiana Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Majalah elekronik, NAPZA, Perilaku, Suplemen pembelajaran

Abstract

Pendidikan karakter dan pengetahuan remaja akan jenis serta bahaya narkoba yang masih kurang menyebabkan sebagian besar pengguna narkoba adalah remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suplemen bahan ajar untuk meningkatkan perilaku menolak narkoba pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan implementasi, evaluasi). Produk divalidasi oleh validator materi dan media, serta dilakukan revisi. Penelitian dilakukan di kelas XI MIPA 4 SMA N 2 Rembang. Instrumen penelitian berupa angket validasi ahli, angket keterbacaan suplemen bahan ajar, angket respon guru dan siswa, serta angket perilaku menolak narkoba. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas majalah elektronik sangat valid dengan hasil 97,5% oleh ahli media dan 87,18% oleh ahli materi. Uji keterbacaan mendapatkan hasil 94,5% dengan kategori sangat baik. Hasil respon siswa 89,8% dan hasil tanggapan guru 92,5% yang menunjukkan majalah elektronik layak digunakkan. Perilaku menolak narkoba pada siswa yang diukur dengan angket mengalami peningkatan dengan nilai N-gain 0,51 yang berada dalam kategori sedang. Simpulan penelitian ini yaitu pengembangan suplemen pembelajaran majalah elektronik NAPZA sangat valid, layak, dan efektif digunakan sebagai pendamping bahan ajar siswa kelas XI MIPA untuk meningkatkan perilaku menolak narkoba pada diri siswa.

Additional Files

Published

2023-11-29

Issue

Section

Pembelajaran Biologi