IDENTIFIKASI TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS XI MENGGUNAKAN SOAL DIAGNOSTIK FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE TEST PADA MATERI SISTEM IMUN

Authors

  • Sakia Maharani Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Aditya Marianti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

CRI, four-tier multiple choice test, pemahaman konsep, sistem imun

Abstract

Pemahaman konsep memiliki peran penting dalam proses pembelajaran dan menjadi dasar atas ketercapaian hasil belajar yang optimal. Siswa dapat menggunakan dasar pemahaman konsep dalam penyelesaian masalah. Kemampuan siswa dalam menjelaskan konsep yang telah dipelajari dapat menentukan seberapa banyak konsep yang dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman siswa pada materi sistem imun menggunakan soal diagnostik four-tier multiple choice test berbantuan metode certainty of response index (CRI). Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimen dengan metode survey. Sampel penelitian terdiri dari 105 orang siswa kelas XI SMA Negeri 12 Semarang, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada materi sistem imun pada sampel kelas XI di SMA Negeri 12 Semarang didapatkan rata-rata tingkat pemahaman siswa yaitu 42,90% siswa memahami konsep, 18,19% siswa tidak memahami konsep, dan 38,91% siswa terindikasi mengalami miskonsepsi.

Additional Files

Published

2023-11-29

Issue

Section

Pembelajaran Biologi