PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM HORMON MANUSIA
Keywords:
e-LKPD, group investigation, hasil belajarAbstract
Kurangnya variasi bahan ajar digital yang digunakan untuk membantu pembelajaran di era teknologi, serta rumitnya materi sistem hormon manusia menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Diperlukannya model pembelajaran yang sangat mendukung kolaborasi agar siswa bisa berdiskusi untuk memahami materi. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan dikembangkannya e-LKPD berbasis Group Investigation pada materi sistem hormon manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Validitas, kepraktisan, dan efektivitas e-LKPD berbasis Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kevalidan e-LKPD menurut ahli materi sebesar 91% (sangat valid) dan ahli media sebesar 93,75% (sangat valid). Kepraktisan e-LKPD menurut penilaian guru biologi dan peserta didik sebesar 93,33% (sangat praktis) dan 95,31% (sangat praktis). Keefektifan e-LKPD dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dilihat dari hasil Uji N-Gain yang diperoleh hasil sebesar 60,87 (sedang). e-LKPD berbasis Group Investigation pada materi sistem hormon manusia dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan efektif sehingga dapat digunakan dengan baik dalam pembelajaran.