PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA N 3 SURAKARTA
Keywords:
aktivitas belajar, discovery learning, observasiAbstract
Kurangnya aktivitas belajar di dalam kelas merupakah salah satu masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan model discovery learning pada pembelajaran biologi di SMA N 3 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek kelas XI F7 yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yaitu prasiklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi tahap perecanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu data observasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran biologi dengan materi sel. Persentasi rata-rata dari indikator aktivitas belajar peserta didik berdasarkan data lembar observasi pada pra siklus sebesar 39,3 %, siklus I sebesar 76,35 % dan siklus II sebesar 88,80 %. Kategori aktivitas belajar peserta didik pada pra siklus tergolong kurang kemudian kategori aktivitas belajar pada siklus I mengalami peningkatan yaitu tergolong baik dan aktivitas belajar pada siklus II meningkat dengan kategori tergolong sangat baik.