ANALISIS PROFIL MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI PROTISTA MENGGUNAKAN THREE TIER TEST

Authors

  • Siska Amelia Universitas Negeri Semarang
  • T. Puspitasari Universitas Negeri Semarang
  • R. Adelia Universitas Negeri Semarang
  • A. R. Handayani Universitas Negeri Semarang
  • L. N. Hadiyanti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

miskonsepsi, protista, three tier test

Abstract

Miskonsepsi merupakan gagasan siswa terhadap suatu konsep yang tidak sesuai dengan konsep yang diterima oleh konsensus ilmiah dan cenderung sulit diubah. Miskonsepsi dapat terjadi pada materi protista. Pada penelitian ini miskonsepsi dideteksi dengan menggunakan tes diagnostik three tier test. Three tier test menggunakan cara yang sederhana dan mudah untuk dapat mengidentifikasi miskonsepsi dan membedakannya dengan kurangnya pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa pada materi protista menggunakan instrumen tes three tier test. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 dengan jumlah partisipasi sebanyak 52 siswa. Instrumen penelitian berupa 5 butir soal Three tier test protista. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase miskonsepsi siswa pada materi protista sebesar 31, 85% yang termasuk ke dalam kategori sedang. Persentase miskonsepsi paling rendah terdapat pada konsep reproduksi protista mirip jamur sebesar 26,92%. Persentase miskonsepsi paling tinggi terdapat pada konsep Klasifikasi Protista dengan persentase sebesar 40%. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi adalah faktor siswa itu sendiri, cara mengajar guru, dan sumber belajar yang digunakan. Solusi pada miskonsepsi ini adalah guru menggunakan pembelajaran yang aktif dan memberikan tekanan pada konsep yang penting untuk membantu siswa memahami konsep protista

Additional Files

Published

2023-11-29

Issue

Section

Pembelajaran Biologi