MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI INOVASI METODE WINDOW SHOPPING BERBANTUAN MEDIA PADLET DI SMAN 3 SEMARANG

Authors

  • D. Maria Universitas Negeri Semarang
  • Sri Ngabekti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Inovasi Metode Window Shopping, Padlet, prestasi belajar, keaktifan

Abstract

Dalam dunia pendidikan saat ini, hampir sekolah di Indonesia telah menerapkan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka mendefinisikan sebagai desain pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar dengan cara yang menyenangkan, bebas tekanan serta menampilkan bakat serta minat peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Pembelajaran yang sudah dilaksanakan di kelas X6 SMA N 3 Semarang kurang memperhatikan gaya belajar peserta didik, hal ini membawa konsekuensi prestasi belajar peserta didik cenderung timpang dan menurun. Selain itu, mayoritas peserta didik kelas X6 memiliki gaya belajar kinestetik, namun cenderung kurang aktif, malas bertanya serta kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan kurang bersemangat mencari sumber literasi melalui buku maupun teknologi digital. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti berupaya memperbaiki strategi dalam melaksanakan pembelajaran dengan melalui inovasi metode tipe Window Shopping berbantuan media Padlet dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis model Kooperatif Learning dengan inovasi metode tipe Window Shopping berbantuan media Padlet serta mengetahui penerapan Pembelajaran model Kooperatif Learning dengan inovasi metode tipe Window Shopping berbantuan media padlet diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA Biologi peserta didik kelas X6 di SMA N 3 Semarang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengikuti sintaks Kemmis dan Taggart, meliputi tahap: 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan (acting), 3) pengamatan (observing), dan 4) refleksi (reflecting). Inovasi metode pembelajaran tipe window shopping dengan bantuan media padlet: mengidentifikasi kemampuan akademik dan gaya belajar peserta didik, membentuk kelompok dan menentukan peran, memberikan permasalahan yang berkaitan dengan konten materi yang berbeda pada E-LKPD di menu Padlet, menugaskan tim untuk memecahkan masalah dan bekerja sesuai dengan peran yang ditentukan yakni (presenter dan visitor) dengan inovasi metode window shopping tutor sebaya. Agar kepercayaan diri peserta didik meningkat dan peserta didik lebih termotivasi untuk belajar lebih giat, khususnya pada peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik.

Additional Files

Published

2023-11-29

Issue

Section

Pembelajaran Biologi