PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL DENGAN MODEL EXPERIENTIAL JELAJAH ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PLANTAE

Authors

  • FR Lestari Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • E Purwantoyo Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

EJAS, e-modul, flip PDF professional, pemahaman konsep, plantae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berbasis Flip PDF Professional dengan model experiential jelajah alam sekitar (EJAS) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi plantae. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Desain penelitian menggunakan PretestPosttest Control Group Design. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar angket tanggapan guru dan siswa, serta soal tes pilihan ganda. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan e-modul menurut ahli materi sebesar 96,74% (sangat valid) dan ahli media sebesar 97% (sangat valid). Kepraktisan e-modul berdasarkan hasil angket tanggapan guru dan siswa memperoleh nilai sebesar 90,625% (sangat praktis) dan 90,48% (sangat praktis). Keefektifan e-modul dibuktikan dengan hasil ketuntasan klasikal siswa pada kelas eksperimen sebesar 89% dan nilai n-gain 0,63 (kategori sedang) sedangkan ketuntasan klasikal siswa pada kelas kontrol sebesar 53% dan nilai n-gain 0,22 (kategori rendah). Simpulan penelitian ini adalah e-modul berbasis Flip PDF Professional dengan model experiential jelajah alam sekitar (EJAS) sangat valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi plantae. Terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Additional Files

Published

2022-11-28

Issue

Section

Pembelajaran Biologi