PENGEMBANGAN ATLAS HISTOLOGI BERBASIS SISTEM SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN JARINGAN HEWAN DI SMA

Authors

  • FZ Farento Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Lisdiana Lisdiana Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • N Setiati Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • S Ngabekti Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Atlas histologi, suplemen, validitas, kelayakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik, validitas, dan kelayakan Atlas Histologi berbasis Sistem sebagai suplemen pembelajaran materi jaringan hewan. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan produk untuk pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 2 Pati, dengan 16 siswa dan 2 guru. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, angket validasi materi dan media, dan angket uji kelayakan (guru dan siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa Atlas Histologi berisi gambar histologi organ, berwarna dengan urutan sesuai sistem pada tubuh makhluk hidup, validitas materi dengan kategori sangat valid (90,17%), validasi media dengan kategori sangat valid (97,66%), serta data tanggapan guru sebesar 85% dan siswa 85,20% dengan kategori sangat layak. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Atlas Histologi berbasis Sistem valid dan layak digunakan sebagai suplemen pembelajaran materi jaringan hewan di SMA.

Additional Files

Published

2022-11-28

Issue

Section

Pembelajaran Biologi